Home Phone Review Windows 10 Mobile di Lumia 930

Review Windows 10 Mobile di Lumia 930

Review Windows 10 Mobile di Lumia 930

Windows 10 Mobile sudah dirilis hampir 3 minggu yang lalu, namun baru sekarang saya menuliskan reviewnya. Mohon maaf atas keterlambatan ini karena waktu itu laptop saya masih dalam keradaan rusak dan sedang berjuang mencari penggantinya #ApaanSih.

Okelah langsung ke paragraf berikutnya wkwkwk :)

Windows 10 Mobile (W10M) adalah sistem operasi mobile baru dari Microsoft yang menggantikan Windows Phone. Windows 10 Mobile punya banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah tentu saja, hadir banyak fitur baru.

Selain itu dari sisi developer, mereka bisa membuat aplikasi yang bisa ditargetkan untuk Windows 10 di banyak perangkat dengan lebih mudah. Oke kita bahas saja dari sisi user. Berikut kesan-kesan saya selama menjajal Windows 10 Mobile di Lumia 930 saya.

 

Update Cepat dan Lancar

Ceritanya, saya dapat kabar kalau sudah dirilis Windows 10 Mobile ke beberapa perangkat, termasuk untuk Lumia 930. Langsung saya cek. Kok tidak ada? Ternyata harus memasang aplikasi Upgrade Advisor terlebih dahulu. Setelah mendapatkannya dari Store, langsung saya eksekusi. Ternyata ada! Horeee…

Review Windows 10 Mobile di Lumia 930

Pagi harinya saya langsung pergi ke rumah teman saya yang punya Wifi super cepat. Proses download dan preparing for installationnya tidak sampai 30 menit. Namun karena saya ada urusan, saya memilih untuk memasang updatenya nanti lalu saya langsung pergi. Sesampainya di rumah, langsung saya pasang update. Cuma sekitar 20 menitan, sudah terpasang dengan sempurna.

Sialnya, ternyata updatenya dua kali. Terpaksa deh saya pakai Wifi rumah yang pakai kuota. Langsung eksekusi saja. Proses update, preparing, hingga selesai update ternyata cepat juga, sekitar 30 menitan. Semua update lancar jaya, tidak ada aplikasi maupun data yang error.

 

Tampilan

Kesan pertama tentu adalah tampilannya. Tampilannya sunggu menawan dan ada backgroundnya. Live Tilesnya bisa transparan, dan bisa diatur tingkat transparansinya, meskipun tidak semua tile aplikasi mendukung transparansi. Selain tampilan utama, tampilan settings juga berubah. Sekarang semuanya dikelompokkan dalam berbagai kategori layaknya settings di Windows 10. Semuanya terlihat semakin sederhana.

Review Windows 10 Mobile di Lumia 930

 

Kamera dan Foto Lebih Baik

Fitur yang langsung saya coba adalah fitur kamera. Mengapa langsung saya coba? Karena ada rumor yang mengatakan bahwa kualitas kamera Lumia akan berkurang saat menggunakan Windows 10 Mobile.

Langsung saya tekan tombol kamera, ternyata aplikasi Lumia Camera sudah tidak didukung lagi. Saya dialihkan ke Windows Camera. Setelah saya coba, ternyata Windows Camera lebih baik dalam menangani Live Imaging, Rich Capture, dan Moment.

Live Imaging sekarang bisa mendeteksi gerakan, sehingga akan bila tidak ada gerakan dari objek, fitur ini akan mati dan gambar akan diam. Bila terdapat gerakan objek, maka fitur ini aktif dan akan menyimpan gerakan tersebut. Live Imaging juga bisa dilihat dalam galeri foto sekarang.

Rich Capture dan Moment juga sudah termasuk dalam update ini. Kita tidak perlu mengunduh Lumia Moment atau aplikasi pendukung lainnya. Untuk hasil fotonya, menurut saya tidak ada penurunan ataupun peningkatan. Hasilnya tetap bagus :). Untuk kamera, sepertinya bisa direview lebih jauh. Nanti akan saya bikin tulisan lain.

 

Outlook dan Office Suite

Outlook adalah aplikasi email yang paling sering saya gunakan di iPhone dan iPad karena kelengkapan fiturnya dan mendukung banyak akun. Selain itu, Outlook juga mendukung beberapa fitur lain seperti kalender dan integrasi OneDrive. Di Windows 10 Mobile, aplikasi email sekarang bernama Outlook. Aplikasi ini tampilannya khas Windows, yaitu sangat sederhana. Aplikasi ini ternyata juga support gesture seperti di iOS. Secara fitur, aplikasi ini sama dengan versi di iOS. Sangat lengkap.

Review Windows 10 Mobile di Lumia 930

Office Suite di Windows 10 Mobile juga baru. Secara umum, fiturnya hampir sama dengan yang versi iOS. Namun saya merasa kalau aplikasi ini masih “dianak-tirikan” oleh Microsoft jika dibandingkan dengan yang versi iOS. Ya itu keputusan mereka. Mereka pasti punya alasannya. Namun satu hal yang pasti, Office Suite ini sudah lebih dari cukup.

 

Messaging

Messaging di sini punya fitur baru. Salah satunya adalah dengan integrasi antara SMS dengan Skype. Kita bisa mengirim pesan SMS ataupun Skype ke orang yang sama dalam chat yang sama pula. Ini seperti iMessage yang akan “memaksa” si pengirim untuk mengirim via layanan iMessage, jika si penerima tidak memiliki nomor iMessage, pengiriman pesan akan dialihkan ke SMS.

Review Windows 10 Mobile di Lumia 930

 

Performa

Jujur saja, meskipun menggunakan Lumia 930 saya merasa bahwa performanya lebih lambat dibandingkan saat menggunakan Windows Phone 8.1 Denim Update. Saya juga merasa sebenarnya Windows 10 Mobile versi ini masih belum 100% siap.

Ada banyak sekali masalah. Mulai dari icon yang hilang, hingga masalah hardware seperti Internet Sharing yang tidak bisa dinyalakan. Kalau masalah yang saya alami hanyalah performa yang melambat dan double tap to wake upnya agak bermasalah. Kadang bisa, kadang tidak bisa.

 

Microsoft Edge

Aktivitas yang sering saya lakukan tentu saja browsing. Setelah update Windows 10 Mobile, browser sudah berganti menjadi Microsoft Edge. Pada saat pertama kali menggunakannya, saya langsung merasakan performa yang jauh meningkat. Namun apakah itu hanya perasaan saya? Saya coba langsung test ke situs HTML5 Test dan menemukan bahwa skornya 442.

Review Windows 10 Mobile di Lumia 930

Ini sungguh peningkatan yang luar biasa. Saya lupa berapa skor saat masih Internet Explorer di Windows Phone 8.1 namun sepertinya masih di bawah 400. Berarti sekarang Microsoft Edge memang memberikan peningkatan yang signifikan.

 

Overall?

Secara fitur, Windows 10 Mobile ini adalah upgrade yang sangat luar biasa. Banyak sekali fitur baru yang hadir. Namun secara keseluruhan, masih ada beberapa masalah. Windows 10 Mobile tidak akan ada “Versi Final” karena akan selalu berkembang. Namun “Versi Public Release” adalah julukan yang lebih tepat ketimbang “Versi Final”.

Harusnya, Public Release sudah bebas dari masalah-masalah, atau paling tidak bisa sangat diminimalisir. Kenyataannya, banyak yang mengeluhkan masalah setelah update. Tiap orang dan tiap perangkat punya masalah yang berbeda-beda. Sepertinya ini masih belum bisa disebut “Public Release”. Selain banyak masalah, juga kita seperti diberi pilihan bila ingin menggunakan Windows 10 Mobile. Mengapa harus install aplikasi Upgrade Advisor? Mengapa tidak langsung saja dari Setting-Phone Update seperti zaman Nokia dulu?

Yah, ini review singkat dari saya. Untuk review lebih detail akan saya hadirkan di tulisan berikutnya.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia