Setelah download Fall Creators Update beberapa hari yang lalu, saya menghabiskan waktu untuk mempelajari apa yang baru di update mayor Windows 10 Mobile kali ini. Selain itu saya juga membuka berbagai sumber untuk memeriksa apakah ada fitur-fitur baru yang saya lewatkan. Sayangnya, seiring dengan pengumuman resmi dari Microsoft bahwa mereka tidak akan meneruskan proyek Windows 10 Mobile, memang sepertinya tidak ada penambahan fitur yang wah dari update mayor Windows 10 Mobile kali ini.

 

Fitur Tambahan?

Jika kamu ingin tahu apa yang paling dapat dilihat perubahannya pada update kali ini, saya hanya bisa menemukan dua. Yang pertama adalah makin kayanya emoji bawaan Windows 10 Mobile.

Yang saya maksudkan bawaan di sini adalah emoji yang kamu dapatkan dengan mengetuk tombol emoji di keyboard. Sudah lama fitur ini cukup membantu karena kita bisa menggunakan emoji dalam banyak platform media sosial tanpa perlu mengandalkan emoji dari platform tersebut. Ada beberapa emoji baru yang sebelumnya tidak saya lihat, seperti mind blown, dan beberapa emoji lain. Pengutamaan emoji bukan hal baru. Apple terlihat jelas sangat memperhatikan hal ini. Bahkan konon jika ada update di iOS, maka yang terlebih dahulu dilihat penggemarnya adalah penambahan emoji. Nampaknya ke depan Microsoft akan ikut mengambil jalur ini. Apalagi meskipun Windows 10 Mobile tidak akan dilanjutkan pengembangannya, namun Windows 10 memiliki fitur baru ’emoji anywhere’ yang dapat kamu terapkan dengan menekan tombol Windows + ;. Ini akan memunculkan kotak pilihan emoji di mana saja, asal kamu berada di platform medsos atau web yang mendukung emoji.

Penambahan fitur selanjutnya yang jelas terlihat adalah fitur untuk mengubah layarmu menjadi portrait di Continuum.

Ini bermanfaat jika kamu menggunakan layar sekunder yang dapat ditegakkan, sehingga pengalaman Continuum kamu bakal lebih menyenangkan.

 

Lainnya?

Terus terang saya agak kesulitan mencari informasi tambahan fitur lainnya. Bahkan aplikasi ChangeWindows yang menjadi andalan saya dalam mengulik berbagai fitur baru setiap ada update juga tidak menyertakan kategori Mobile dalam keterangannya.

Namun sebuah artikel di Windows Central menyebutkan adanya peningkatan keamanan dan reliabilitas VPN, serta seperti biasa perbaikan bug dari build sebelumnya.

 

Pemakaian Harian?

Dari yang saya rasakan di 950 saya yang menjalankan Fall Creators Update, sayangnya sepertinya ada sedikit penurunan dalam reliabilitas dan daya tahan baterai. Meskipun hanya sedikit, saya merasakan baterai saya lebih boros dari biasanya setelah menginstal Fall Creators Update.

Reliabilitas pada saat menggunakan Continuum nampaknya juga menurun. Jika biasanya saya sangat nyaman menggunakan Continuum, seperti laptop kelas menengah, kini Continuum terasa lebih berat dan tercipta situasi unik: Kadang saat membuka aplikasi atau browser di Continuum, maka seolah terjadi putus koneksi atau internet tidak tersambung. Namun di saat yang sama, ketika saya membukanya di ponsel, maka aplikasi atau browser yang saya gunakan lancar berjalan. Contoh nyatanya begini: Saya membuka Skype di Continuum (dalam artian saya membukanya seperti versi PC Windows 10) – Nah, Skype terasa berat dan menampilkan pesan updating conversation. Lucunya, saat saya meraih Lumia 950 dan membuka Skype dari situ, maka Skype terbuka dengan lancar (Seperti yang kita ketahui bersama, saat Continuum berjalan di layar monitor sekunder, maka ponsel tetap bisa digunakan sebagaimana biasanya). Ini hal yang sangat aneh menurut saya.

Namun seperti biasa, hal ini akan segera diperbaiki Microsoft pada update minor selanjutnya. Toh mereka sudah menjanjikan support paling tidak sampai Desember 2019.

 

Nah, demikian pengalaman saya dengan Fall Creators Update. Apakah kamu punya pengalaman lain yang tak kalah ajaibnya? Ceritakan di kolom komentar agar teman-teman yang lain juga belajar dari apa yang kita alami!

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.