Windows Technical Preview alias Windows 10 Preview baru saja dirilis beberapa waktu lalu. Banyak sekali para fans Windows yang ingin mencicip sedikit demi sedikit fitur-fitur yang ditawarkan oleh OS terbaru ini. Jika kamu sering mengikuti perkembangan berita mengenai Windows 9 atau Windows 10 maka seluruh perkembangan berita tersebut ternyata memang benar adanya.

Kali ini saya akan sedikit mereview OS Windows Technical Preview ( Windows 10 Preview) yang saya dapatkan dari Windows Insider Program.

 

Kembalinya Start Menu

Win-10.1

Start Screen pada Windows Technical Preview ini bisa dibilang hampir sama dengan Windows 7 atau Vista dimana terdapat kolom search bar, namun bedanya hanyalah pada  peletakkan tempat tombol shutdown dan Apps Metro yang bisa di Pin di panel sebelah kanan.

 

Start Screen dan Charm Bar Tidak Hilang

Win-10.2

Banyak spekulasi yang beredar bahwa Microsoft akan menghilangkan Start Screen dan Charm Bar pada mode desktop Windows 10. Namun siapa sangka ternyata charm bar dan start screen ternyata masih ada dan hanya disembunyikan saja. Jika kamu sering menggeser mouse ke arah pojok kanan atas sebaiknya kamu harus mengulang kebiasaan baru karena untuk memunculkannya kini harus dilakukan dengan menekan shortcut Win + C. Kamu bahkan dapat mengaktifkan start screen pada panel properties taskbar dan cari tulisan Use the start menu instead of the start screen lalu hilangkan centangnya.

 

Apps Metro Semakin Terintegrasi dengan Aplikasi Desktop.

Win-10.3

Jika dahulu pada Windows 8.1 Update pengguna mulai merasa lega karena terdapat Title bar pada Metro Apps, maka kali ini pengguna makin lebih lega lagi karena Metro Apps sudah mulai terintegrasi dengan Desktop. Kamu tidak perlu lagi menggeser-geser Metro Apps ke kanan atau ke kiri karena Metro Apps sudah dibuatkan Window tersendiri untuk luang lingkupnya.

 

Windows Feedback

Win-10.4

Windows Feedback adalah salah satu aplikasi yang sangat berguna untuk memberikan saran atau laporan kepada Microsoft tentang Windows 10 Preview yang sedang kamu gunakan, dalam aplikasi ini kita akan mendapatkan support langsung dengan Microsoft dan bisa jadi saran atau laporan yang kita kirimkan akan dikabulkan.

Virtual Desktop

Win-10.5

Microsoft juga menghadirkan Virtual Desktop yang membuat kita bisa menggunakan lebih dari satu layar desktop secara virtual tanpa harus memiliki banyak layar monitor sungguhan. Jika kamu sering menggunakan Fitur Snap di Windows 8 mungkin Virtual Desktop akan mengobati rasa sakit karena kehilangan salah satu fitur tersebut.

 

Search

Win-10.6

Jika kamu bingung dengan tombol disebelah Virtual Desktop maka janganlah ragu untuk mencobanya, karena tombol tersebut adalah tombol aplikasi Search. Di Windows 8 dan Windows 8.1 terdapat aplikasi yang bernama Bing, namun pada Windows Technical Preview ( Windows 10 Preview), aplikasi tersebut sudah digantikan dengan tombol search. Jika tombol ini ditekan dan kamu menulis kata kuncinya maka kamu akan diarahkan ke search engine Bing.

 

Selamat Tinggal IE 11 Metro Mode

7

Ucapkan perpisahan pada IE 11 untuk mode Metro, pasalnya Mode Metro atau Metro Apps pada IE 11 sudah dihilangkan meskipun IE sudah di set sebagai browser default. Namun demikian dengan sedikit trik kamu bisa menjalankan IE Metro kembali.

Setelah mengikuti banyak perkembangan Microsoft dan mencobanya sendiri secara langsung, saya pastikan kamu tidak perlu ragu lagi untuk menginstall Windows Technical Preview ( Windows 10 Preview) karena hampir semua software yang saya gunakan sudah compatible dengan OS ini. Apakah kamu tertarik menggunakannya ?

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.