Home Phone Review Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile Part Terakhir

Review Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile Part Terakhir

Review Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile Part TerakhirAkhirnya setelah seminggu lebih saya menggunakan Xiaomi Mi4 LTE dengan Windows 10 Mobile dan menjadikannya sebagai ponsel utama, kini kita masuk pada bagian terakhir mengenai seri Review Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile.

Pada review sebelumnya kita telah mencoba Xiaomi Mi4 LTE pasca Flashing ROM, Production Build, dan juga Insider Slow Ring.

Pada bagian terakhir ini saya akan mencoba mereview Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile yang kini telah berada pada build 14342.1004 a.k.a build Insider Fast Ring.

Review Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile Part Terakhir

So langsung saja, inilah review bagian terakhir dari Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile:

Proses Update Begitu Cepat

Tidak seperti sebelum-sebelumnya, proses update Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile pada Insider Fast Ring begitu cepat, bahkan membuat saya kagum. Semua proses dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 40 menit.

Review Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile Part Terakhir

Memang harus diakui salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam proses update adalah kecepatan internet, namun di Xiaomi terdapat perbedaan lainnya, tampaknya saat proses migrasi data step milik Xiaomi Mi4 LTE jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Lumia.

Baterai Lumayan Awet

Insider Fast Ring memang sedang diterpa isu borosnya baterai, tampaknya hal itu juga cukup berpengaruh pada Xiaomi Mi4 LTE, namun karena kondisi Xiaomi Mi4 LTE milik saya baru berumur lebih dari seminggu tampaknya isu tersebut tidak terlalu berpengaruh, dengan selalu terhubung ke internet Xiaomi Mi4 LTE milik saya dapat bertahan kurang lebih sekitar 6-8 jam, sedangkan untuk pemakaian normal dapat bertahan seharian.

Kini Ada Opsi Only 4G atau 3G

Sebenarnya kita memang sudah mengetahui hal ini cukup lama, namun rasanya selalu saja kurang jika tidak membahasnya dan juga banyak yang selalu bertanya mengenai hal ini.

Review Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile Part Terakhir

Yup, Windows 10 Mobile Anniversay Update a.k.a Redstone sudah mendukung fitur ini, namun sayangnya tidak ada opsi 4G only, opsi 4G Only digabungkan dengan 3G sehingga jadinya ada opsi ‘Only 4G atau 3G’, sedangkan untuk opsi 3G only di Fast Ring sudah tersedia.

Kamera Tetap Luar Biasa!

Review Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile Part TerakhirReview Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile Part Terakhir

Pada Insider Fast Ring tampaknya tidak banyak perubahan pada kamera, Kamera masih tetap luar biasa seperti sedia kala saat review sebelumnya.

Satu hal yang berubah, kini aplikasi ProShot milik saya sudah dapat digunakan kembali dan tidak mengalami Crash saat di buka, serta sudah kembali normal tidak dalam versi trial.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa perbedaan Windows Camera dan ProShot pada build ini, silakan perhatikan gambar berikut:

Bagaimana? sangat luar biasa bukan hasilnya.

Saran saya, jika kamu adalah orang yang lebih mementingkan detail dari hasil foto, maka kamu sebaiknya gunakan Windows Camera.

Sedangkan jika kamu adalah orang yang lebih mementingkan pencahayaan dan juga warna tampaknya kamu harus menggunakan ProShot.

Edge semakin Powerfull

Review Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile Part Terakhir

Sesuai perkiraan, Edge di Windows 10 Mobile Redstone semakin powerfull, untuk kestabilan tak perlu dipertanyakan, waktu untuk  membuka Microsoft Edge dan juga membuka website kini semakin singkat. Namun semua itu tergantung dari koneksi Internet milikmu.

Performa yang Amazing!

Review Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile Part Terakhir

Build Insider Fast Ring ini sangat-sangat berbeda jauh sekali dengan build Insider Slow Ring yang saya gunakan beberapa hari yang lalu.

Harus diakui walaupun build ini merupakan build Insider Fast Ring yang terkenal memiliki banyak bug, tampaknya hal tersebut tidak berpengaruh pada Xiaomi Mi4 LTE milik saya.

Kestabilan yang luar biasa (tidak mengalami crash ataupun lag saat membuka ataupun beralih aplikasi dan juga game seperti build Insider Slow Ring, pokoknya build Fast Ring ini “fantastic”) bahkan saya merasa seperti berada di Production Build dan juga Mi4 LTE milik saya kembali responsive, entah karena hal apa tampaknya build ini begitu cocok dengan Xiaomi Mi4 LTE.

Walaupun ada banyak penambahan fitur baru dan juga beberapa permasalah yang pernah diberitahukan oleh Microsoft, tetapi tampaknya tidak ada bug yang menyangkut pada Xiaomi Mi4 LTE selama saya mencobanya. Jika harus memberi nilai 1-10 untuk Xiaomi Mi4 LTE di build ini, maka saya akan berikan nilai 8.5.

Kesimpulan

Secara keseluruhan saya begitu puas dengan performa Xiaomi Mi4 LTE di Insider Fast Ring, walaupun banyak isu permasalahan yang telah diberitakan oleh Microsoft, tetapi tampaknya hal tersebut tidak berdampak pada Xiaomi Mi4 LTE karena performanya di build kali ini sangat luar biasa dan di luar prediksi saya.

Jadi bagi kamu yang memiliki Xiaomi Mi4 LTE dengan Windows 10 Mobile ataupun baru berencana membelinya, kamu memiliki 2 opsi yaitu mengikuti Production Build atau memilih bergabung Insider Fast Ring karena menurut saya performa kedua build itulah yang terbaik.

Mungkin ini adalah akhir dari seri Review Xiaomi Mi4 LTE Windows 10 Mobile. So, bagi kamu yang selalu menunggu dan membaca review Xiaomi Mi4 LTE dari WinPoin, WinPoin sampaikan terima kasih.

Untuk review dari Xiaomi Mi4 LTE mungkin memang sudah selesai dan berakhir, tetapi tanang saja WinPoin selanjutnya berencana akan memberikan hal yang lebih menarik (jika bisa), misalnya head to head Xiaomi Mi4 LTE dengan Lumia-lumia yang ada di sekitar saya, seperti Lumia 535, 540, dan 640 XL.

Jadi pastikan kamu selalu kunjungi WinPoin :)

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '