File Explorer Windows 10 Dikabarkan Akan Mendapatkan Pengaturan Tema (Light/Dark) Terpisah

Pada pembaruan Windows 10 October Update seperti yang kita ketahui sebelumnya, akhirnya Microsoft menambahkan fitur Dark Mode pada File Explorer, setelah sekian lama berkutik dengan Tema Light.

Tema Dark mungkin terlihat tidak enak dipandang apalagi ketika siang hari bagi sebagian orang, namun ada kalanya tema gelap memberikan rasa tersendiri. Namun masalahnya Microsoft belum memasukkan toggle di File Explorer untuk mengubah tema dan akhirnya yang terjadi adalah perubahan visual tergantung pada tema default yang digunakan untuk Windows 10 secara keseluruhan. Ya sehingga mau tidak mau pengguna dipaksa untuk mengikuti sesuai dengan apa yang ada, padalah saya rasa Dark Mode dengan File Explorer konvensional warna putih pun tidak terlalu buruk.

Pada Pembaruan Windows 10 Oktober 2018, tema gelap dalam File Explorer hanya dapat diaktifkan ketika pengguna mengganti seluruh sistem operasi untuk menggunakan mode gelap juga. Pengguna diminta untuk menavigasi ke Settings> Personalitations> Colors> Pilih mode aplikasi default dan beralih ke opsi mode gelap.

File Explorer Windows 10 Dikabarkan Akan Mendapatkan Pengaturan Tema (Light/Dark) Terpisah

Namun Menurut rumor baru, hal ini akan berubah karena raksasa perangkat lunak Microsoft berencana memperbarui File Explorer untuk memasukkan pengaturan baru. Pengaturan tersebut akan memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan tema gelap di File Explorer tanpa mengubah antarmuka visual OS secara keseluruhan. Seperti yang dikatakan pengamat Albacore dalam sebuah Tweetnya “Sepertinya Anda akan dapat mengatur opsi tema File Explorer (terang / gelap) secara terpisah dari tema Sistem di build 19H1 mendatang,”.

Tentu saja ini bisa menjadi fitur yang berguna bagi pengguna yang ingin menggunakan File Explorer dalam tema terang/Light saat menjalankan seluruh sistem operasi dan aplikasi dalam tema gelap/Dark atau sebaliknya. Namun perlu diingat kembali, hal ini masih bersifat rumor saja, namun semoga saja Microsoft benar benar akan memberikan update ini di Windows 10 Mendatang.

Nah bagaimana menurut kalian? berikan pendapat kalian dikolom komentar dibawah.

Via : WindowsLatest

  12+ Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Edge Chromium  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.