Samsung Mulai Memproduksi 128 GB DDR4 Memory Berkecepatan Tinggi

Bayangkan seperti apa kecepatan PC kamu jika menggunakan sekeping RAM berkapasitas 128 GB. Ngebut..?? Pasti. Terlebih RAM DDR4 buatan Samsung ini selain berkapasitas tinggi juga memiliki kecepatan yang tinggi.

Tetapi meskipun sudah mulai diproduksi massal, keping RAM DDR4 128 GB ini baru ditujukan untuk server dan data center yang memang memerlukan RAM berjumlah besar.

128 GB TSV DDR4 RDIMM ini disusun oleh 144 DDR4 chip, yang ditata menjadi 36 4GB DRAM, masing-masing berisi 4 20-nm-based 8-gigabit chip yang dipacking dengan teknologi TSV paling gress.

Setiap chip terhubung ke puluhan micrometer, terpasang ke ratusan lubang dan terhubung secara vertikal oleh elektroda di lubang tersebut, membuat transmisi sinyal jadi lebih ngebut daripada keping DRAM kebanyakan.

Setiap 4GB master chip juga ditambahkan data buffer untuk meningkatkan module performa dan mengurangi konsumsi power. Hsilnya Samsung 128 GB TSV DDR4 RDIMM mampu memberikan power maksimal berkecepatan hingga 2400 Mbps dengan penggunaan power hanya setengah dari DRAM kebanyakan.

Tidak berhenti disitu, Samsung menyatakan akan terus mengupdate teknologi TSV DRAM miliknya hingga menghasilkan DRAM dengan performa data transfer mencapai 2667 Mbps dan 3200 Mbps, serta bakal memperluas penggunaan teknologi ini untuk memproduksi DRAM bagi keperluan konsumer umum.

Jadi kita hanya tinggal menunggu waktu sampai akhirnya DRAM berkapasitas 128GB per keping ini hadir di PC gaming ataupun PC kerja yang membutuhkan spesifikasi gahar.

Belum ada info berapa harga 128GB DRAM berkecepatan tinggi keluaran Samsung ini, tetapi sebagai perbandingan 128GB DRAM keluaran Corsair dijual tidak kurang dari 30 juta rupiah setiap kepingnya.

Tertarik?

via businesswire

  Fitur macOS di Windows  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.