Sekitar bulan desember lalu, dunia perwindowsan dibuat kaget dengan kabar dari Microsoft yang akan merilis versi baru Windows 10, setelah lama tidak ada kabar dari project lite yang dikembangkan oleh Microsoft, kali ini Microsoft mengumumkan memberikan nama “Santorini” pada Project Windows Lite tersebut.

Seperti Inilah Windows 10 Mobile HP Elite X3 "Superphone" (Video + Spesifikasi)

Windows 10 Lite adalah salah satu dari banyak varian yang akan kita lihat sebagai bagian dari proyek OS Windows Core, yang merupakan sistem yang sama sekali baru yang membuat sistem operasi modular memungkinkan untuk menginstalnya di perangkat apa pun.

Berdasarkan laporan baru dari Windows Central, sumber yang akrab dengan proyek tersebut mengungkapkan bahwa Microsoft sekarang menggunakan nama kode “Santorini” untuk pengembangan Windows Lite. (Nama Santorini merupakan salah satu pulau Cyclades di Laut Aegean.) Perlu diketahui juga kemungkinan Santorini adalah codename dan bukan nama sebenarnya untuk rilis final nanti. Seiring dengan Aruba dan Oasis, Santorini adalah bagian varian lain dari proyek OS Windows Core.

Sebagai contoh Windows Core OS ketika Microsoft mengungkapkan Surface Hub 2X berjalan pada proyek “Aruba,” dan selama Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Microsoft juga diharapkan untuk mengungkap HoloLens 2, yang konon akan berjalan pada proyek “Oasis.”.

Meskipun alasan perubahan nama tetap tidak diketahui, tetapi tampaknya Microsoft tidak menggunakan “Windows Lite” untuk menghindari kebingungan bahwa ini bukan versi penyusutan dari sistem operasi Windows 10. karena menurut mereka ini adalah pengalaman yang sama sekali baru dan menawarkan rasa yang berbeda dan dirancang untuk perangkat “Centaurus”, yang merupakan perangkat keras yang dapat dilipat dan “Pegasus” yang merupakan perangkat konversi yang tidak menggunakan fitur lengkap yang tersedia di Windows.

Sampai saat ini masih belum jelas kapan Microsoft akan secara resmi merilis Windows Lite kepada publik, tetapi setidaknya banyak yang berharap Microsoft akan berbagi rincian lebih lanjut selama konferensi Build di bulan Mei nanti, jadi mari kita tunggu.

Referensi : Windows Central, Neowin

  11+ Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Realme 3 Pro 

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.