Untuk kamu yang masih menggunakan Windows Phone 8.1, mungkin kamu sedikit terkejut saat membuka Cortana (tombol search sebelah kanan). Di bawah sapaan khas Cortana, ada teks bertuliskan: Change is constant. Jika kamu tap dan menariknya ke atas, maka akan muncul teks yang beraroma perpisahan.

Rekan-rekan di kapal induk sedang melakukan pembentukan ulang. Mulai Januari mendatang, halaman ini akan diistirahatkan, dan saya tidak akan menunjukkan kepadamu, apa yang akan datang selanjutnya. Tapi saya akan tetap menjawab pertanyaan kamu dan menyimpan pengingatmu

Dari teks tersebut, dapat disimpulkan bahwa beberapa API layanan Microsoft akan dimatikan ditarik untuk Windows Phone 8.1. Ini akan memengaruhi kemampuan Cortana dalam memberikan informasi atau kabar tertentu. Ini juga menandakan bahwa Cortana akan perlahan-lahan dikurangi kemampuannya untuk mungkin kemudian menghilang.

Masih belum jelas bagaimana persisnya kemampuan Cortana yang akan dihilangkan mulai tahun 2019 mendatang, akan tetapi perlu diingat bahwa Windows Phone 8.1 saat ini sudah masuk fase ‘tidak didukung’, sehingga tidak mengejutkan jika semakin lama semakin banyak fungsinya yang dikurangi.

Nampaknya ponsel milik kamu sudah semakin dekat berstatus nostalgia mengingat sudah semakin banyak pembatasan yang menjauhkannya dari gelar ‘smartphone’. Untuk saat ini, beberapa layanan inti Microsoft seperti Skype dan Hub, sudah tidak dapat digunakan lagi di Windows Phone 8.1, termasuk juga banyak aplikasi populer yang sudah tidak berjalan di OS ini seperti Messenger, Twitter, dan sebagainya.

Mungkin kamu harus memasukkan ‘menggunakan perangkat baru’ sebagai resolusi 2019 jika sekarang masih bertahan untuk menggunakannya.

 

Sumber: All About Windows Phone

  RIP Windows Phone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.