Disini kita bakal ngintip beberapa fitur baru Windows 10 yang bakal dirilis Microsoft di tahun 2019 nanti. Jadi buat kamu pengguna Windows, jangan sampe gak nonton video ini, apalagi melewatkan yang terakhir!

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari

“Simple Windows”

Hal baru pertama yang bakal dirilis Microsoft ke Windows 10 di tahun 2019 adalah Simple Windows. Dalam artian, desain Windows 10 bakal dibuat lebih simple lagi. Contohnya ada theme baru bernama Windows Light, yang membuat tampilan Windows lebih terang dan simple dengan warna cerah di taskbar dan start menu — serta juga wallpaper baru.

Lalu layout Start Menu default untuk user account baru, device baru, ataupun clean install, bakal jadi simple kayak gini. Satu kolom doang dengan cuman sedikit tiles.

Cara pake nya juga makin simple. Kamu bisa hapus group tiles sekaligus tanpa harus hapus satu per satu, dan bisa liat recent activities langsung dari kolom pencarian.

Uninstall Apps Bawaan

Hal baru kedua, di 2019 kamu bisa uninstall apps bawaan Windows. Kamu bisa uninstall 3D Viewer, Groove Music, bahkan sampai Calculator dan Calendar bisa kamu uninstall. Tapi nggak 100% aplikasi bawaan bisa diuninstall, aplikasi yang jadi komponen utama Windows seperti Microsoft Edge, misalnya, tetap nggak bisa diuninstall.

Edge Chromium

Hal baru ketiga, di 2019 Microsoft Edge bakal dirombak jadi berbasis Chromium. Pake rendering engine Blink sama seperti Google Chrome. Karena berbasis Chromium maka ekstensi Google Chrome bakal kompatibel dengan Microsoft Edge, sama seperti Opera dan Vivaldi yang juga kompatibel dengan ekstensi Chrome.

Windows Sandbox

Hal baru keempat, di 2019 ada Windows Sandbox. Ini kayak ruang virtual terisolasi, jadi kalo kamu download software dan ragu aman apa enggak, kamu bisa coba jalanin dulu di Windows Sandbox.

Semua yang ada di windows sandbox ini gak permanen, jadi tiap kali kamu buka maka dia bakal menjalankan fresh windows, dan setiap kali ditutup, semua bakal terhapus. Jadi benar-benar cocok buat testing aplikasi sebelum install di Windows utama.

Icon Baru

Hal kelima, di 2019 berbagai icon Windows 10 bakal dirombak dengan icon baru. Microsoft udah pamer icon baru Office 365, dan deretan icon baru lain juga bakal ditanamkan ke Windows 10.

Keamanan Esktra

Hal keenam, di 2019 security Windows 10 semakin diperkuat. Ada fitur tamper protection untuk mencegah virus atau malware mengubah setting security. Ada juga Protection history, ini bikin kamu bisa cek apa aja aksi dan rekomendasi Windows Defender.

Selain itu kedepannya kamu bisa bikin akun pake no HP, dan loginnya gak pake password gaes, tapi pake kode yang dikirim lewat SMS. Plus reset PIN juga lebih gampang seperti saat login Microsoft Account melalui web.

Office App

Hal ketujuh, di 2019 kamu bakal mendapati aplikasi Office baru di Windows 10. Aplikasi ini seperti portal Office gitu ya, jadi kamu bisa buka berbagai aplikasi office, bikin dokumen baru, akses semua dokumen, intinya dokumen apapun yang kamu kerjakan di Office, bisa ditemukan dengan mudah ini.

Windows Lite

Dan terakhir, kabarnya Microsoft tengah menyiapkan OS baru, semacam Windows Lite, versi simple dan sederhana dari Windows, yang ditujukan untuk melawan Chrome OS. Kabarnya tampilannya benar-benar baru, experience nya juga baru, fiturnya sangat basic dengan cuman bisa install aplikasi dari Store, dan yang paling penting, namanya kabarnya bukan lagi Windows.

Belum tahu apa nama dari Windows Lite ini nantinya, tetapi kalo ada perkembangan lebih lanjut bakal saya infokan disini.

Sampaikan di kolom komentar kalo kamu punya pertanyaan atau pendapat seputar hal ini, sampai bertemu lagi di ulasan menarik lainnya besok.