Home Editorial Sedikit Cerita di Microsoft Developer Festival 2016

Sedikit Cerita di Microsoft Developer Festival 2016

WP_20160526_09_17_03_Pro_LIApa kabs teman-teman! Ada yang kangen sama Maiza? Hmmm… Ternyata tidak ada, ya sudah. Tapi nggak apa-apa kalau nggak kangen, di kesempatan kali ini dan seperti biasa saya akan sedikit mendongengkan cerita seputar event atau acara dari Microsoft yang baru-baru ini sudah berlangsung. Ada yang bisa tebak? (TIK TOK TIK TOK)

Pertanyaan yang sebenarnya tidak perlu dijawab, hadeh. Orang sudah jelas di judul disebutkan gitu lho ya, masih ditanyaken. Huft

Ya, Microsoft Developer Festival 2016. Acara tahunan dan bertepatan dengan perayaan 20 Tahun Microsoft Indonesia Senantiasa Melayani Anda (Moto MS Cuy!). Lalu apa yang membuat acara kemarin begitu spesial pake telor 2 ditambah sambal 3 sendok dan double beef? Eits, bukan bukan bukan, makanan mulu ah!

Mulai serius ya? yang membuat acara menjadi begitu spesial adalah SATYA NADELLA! Pertama kali ke Indonesia dengan jadwal yang begitu padat dan menyempatkan keynote speech di DevFest kemarin. Such an honor to meet and know more deepest deepest deepest and deepest. Nggak dalam-dalam amat sih, Tapi cukup untuk mengobati perjuangan saya menuju ke TKP. OK, mulai dari pagi hari!

MORNING

Bangun, sholat subuh, mandi, dandan kece, menuju halte busway dan telat, hadeh. 1 hal yang membuat saya telat ke TKP karena tragedi HP hilang dari salah satu penumpang busway dan ada kemungkinan dicopet. Fyuh, penggledahan tas dan sandang yang dipakai satu per satu saat turun di masing-masing halte membuat busway sampai di halte Polda menjadi sangat lama. 2 JAM! Tapi, disini pesan yang dapat kita petik adalah JAGA BARANG BAWAAN ANDA DI TEMPAT UMUM! Done.

Sampai TKP penderitaan berlanjut dan yang terjadi adalah ANTRE!

WP_20160526_08_41_13_Rich_LI

Sabar dan masih antre lagi, huft.

WP_20160526_08_56_09_Pro_LI

Tepat pukul 09.45 WIB, acara dimulai dengan sambutan dari Dave Miller, Developer Experience and Evangelism Director, Microsoft APAC. Kemudian sedikit speech lagi oleh Triawan Munaf, (Jangan-jangan ayahnya Sherina Munaf! Hah!) ssstttt! Stop gosip. O iya, Pak Triawan Munaf adalah Head of Creative Economy Agency, Republic of Indonesia. Beliau bercerita tentang betapa pentingnya peran teknologi untuk pasar ekonomi di Indonesia.

SEMINAR

Pukul 10.00 WIB, pembukaan seminar yang menyenangkan dari Andika Nugraha, Technology Solution Professional, Microsoft Indonesia tentang App Service, Containers, and more: Deploying Scalable Apps on Azure. Microsoft Azure mempunyai berbagai macam fungsi, bisa sebagai server, VM, IoT, security dll.

WP_20160526_10_09_30_Pro_LI

Selanjutnya seminar kedua dibawakan oleh Bapak Ahmad Masykur. Beliau dari Software Architect and System Development Lead, Indonesia Epson Industry. Modern Web menjadi bahan perbincangan kali ini. Beliau menjelaskan bagaimana caranya membangun sebuah website yang bisa friendly di segala device.

Sedikit sambutan dari Bapak Andreas Diantoro, Presiden Direktur Microsoft Indonesia dan Menteri Kominfo, Bapak Rudiantara.

Seminar ke tiga tentang From Data to Decision with Advanced Analytics oleh Marcus Nugroho, Technology Solution Professional, Microsoft Indonesia. Disini kita disuguhi bagaimana mengolah data yang besar melalui Microsoft Ofiice Excel dan kombinasi dengan Microsoft Azure.

WP_20160526_10_34_48_Pro_LI

Seminar ke empat membahas Cross-platform Mobile Development using Xamarin oleh Abhisek Narain, Technical Evangelist, Microsoft India. Penggunaan Xamarin yang baru saja dibeli Microsoft untuk membangun aplikasi yang keren kini lebih simpel. Buat satu koding, sebarkan ke semua platform.

Seminar terakhir tentang Internet of Things, The Age of Yottabytes. Bapak Wirawan Winarto, IoT Specialist, Intel memberikan penjelasan yang santai dan menyenangkan betapa mengagumkannya IoT di masa depan. Semua hal bisa menjadi IoT.

MAIN SHOW

Here we go! Mr. Satya Nadella has on stage. Seluruh peserta seminar langsung tepuk tangan ramai-ramai. Disini Satya Nadella mendorong para developer untuk menjadi technopreneur dan meningkatkan kreativitas.

WP_20160526_12_28_26_Pro_LI

Menurutnya, teknologi itu hanyalah sebuah alat untuk menciptakan inovasi. Inovasi yang mampu memahami suatu permasalahan dan memberikan solusi yang efektif.

Sedikit quote yang menurut saya itu keren dari Satya Nadella.

“Lihatlah dunia dengan cara yang berbeda dan Anda akan mengubah dunia. Tidak ada batasan untuk mencapai sesuatu yang baru dan Microsoft telah kembali untuk Anda,”

WP_20160526_12_35_59_Pro_LI

Pertemuan yang mengesankan dengan Satya Nadella. Saya seperti orang yang beruntung bisa bertatap muka secara langsung dengan orang nomor 1 di Microsoft. How lucky I am! (Jangan ngiri….!!!) hehehe

CLOSING

Ok, setelah seharian mendapat ilmu yang super keren dari Microsoft dan menikmati pemandangan dengan Satya Nadella akhirnya jam menunjukkan pukul 17.00 WIB, yang artinya kita harus berpisah dan pulang.

Di acara Developer Festival ini menurut saya minus pembagian hadiah, yang mana sangat saya tunggu-tunggu. Tapi Microsoft sudah menyiapkan 1 buah Notebook bagi peserta seminar yang rajin live tweet seputar DevFest. Sayangnya saya belum beruntung.

Anyway, terimakasih sudah membaca cerita singkat ini mengenai DevFest. Nantikan acara-acara super keren lagi dari Microsoft dan secara ekslusif akan direview di Winpoin. Ok, sampai berjumpa di acara selanjutnya!

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Sangat suka dengan Windows Phone. Selalu menggunakan kamera Lumia untuk menyalurkan hobi Fotografinya. Loves Windows and Photography.