Review SanDisk Ultra® Dual Drive m3.0: Flashdisk Jaman Now!

Dulu mungkin kita selalu diajarkan untuk mengklik safely eject sebelum melepaskan flash disk atau flash drive. Ini dilakukan agar memori tidak cepat rusak karena penghentian aktivitas secara mendadak. Nah, nampaknya kamu tidak perlu lagi meneruskan ‘pengetahuan’ ini kepada generasi mendatang.

Microsoft baru saja mengonfirmasi bahwa mulai sekarang, di Windows 10, maka kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal ini. Windows 10 memiliki fitur baru yang disebut quick removal yang memungkinkan kamu mencabut drive kapan saja (tentu saja selama drive tersebut tidak sedang secara aktif menulis file). Microsoft telah menjadikan ini sebagai default setting untuk setiap drive yang kamu tancapkan ke perangkat PC atau laptop pada Windows 10 versi 1809 atau October 2018 Update. Pada dasarnya, fitur quick removal ini akan menghentikan Windows dari terus menulis ke flash drive, yang mana pasti akan membantu saat kamu mencabut flash drive.

Sebenarnya ini sudah digulirkan Microsoft sejak versi 1809, namun Microsoft tidak mengumumkan ini secara detail dan ini hanya dijadikan sebagai ‘langkah pengamanan tambahan’ saja, untuk berjaga-jaga kalau pengguna yang kurang familiar dengan dunia teknologi langsung mencabut flash drive yang ditancapkannya ke perangkat Windows. Namun karena nampaknya tidak banyak yang tahu akan hal ini, dan kebiasaan safe eject sudah mendarah daging sejak era Windows 7, Microsoft mengampanyekan bahwa pengguna Windows 10 terbaru tidak perlu lagi khawatir kalau harus mencabut flash drive sewaktu-waktu.

Mungkin hal yang akan meragukan adalah interface untuk mencabut flash drive secara aman masih tetap ada dan kamu masih dapat melakukannya. Ini menjadikan pengguna lama ragu-ragu untuk langsung mencabut flash drive miliknya. Tapi seperti yang sudah dikonfirmasikan oleh Microsoft, pengguna tidak perlu khawatir lagi akan hal ini. Mungkin nantinya akan ada perubahan interface terkait ‘mencabut flash drive’ ini di versi Windows 10 selanjutnya, namun Microsoft belum dapat memastikan hal tersebut.

 

 

Sumber: TheVerge

  11+ Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Realme 3 Pro 

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.