Home Apps Sembunyikan Aktivitas Browsingmu dengan Private Browser!

Sembunyikan Aktivitas Browsingmu dengan Private Browser!

Sembunyikan Aktivitas Browsingmu dengan Private Browser!

Dunia sudah tidak lagi memberikan kita hak privasi. Bayangkan saja, kehidupan kita sekarang tidak pernah terlepas dari internet. Mengirim pesan, browsing, tracking lokasi bahkan transfer uang pun bisa dilakukan melalui internet. Semua kemudahan diberikan, namun sadarkah kita bahwa diluar sana banyak sekali orang-orang yang memanfaatkan data yang kita kirim maupun kita sebar untuk kepentingan mereka? Ada beberapa browser yang menawarkan fitur untuk kepentingan privasi dan keamanan kamu. Nah, berikut beberapa private browser terbaik di Windows yang bisa menyembunyikan aktivitasmu saat browsing.

 

Epic Privacy Browser

Epic Privacy Browser melindungimu dari berbagai jenis tracking yang dilakukan oleh pihak yang berbeda setiap hari. Ketika kamu menggunakan Epic, aktivitas online kamu akan disembunyikan dari Google, ISP, pemerintah, perusahaan dan banyak kolektor data lainnya.

Dibuat dengan Chromiun code, code yang sama dengan Google Chrome, Epic Browser telah memodifikasi code tersebut untuk menghapus fitur tracking dan penambahan privasi yang terkait. Epic Browser hampir memiliki fitur yang sama dengan Chrome, namun tidak support banyak ekstensi Chrome.

Sembunyikan Aktivitas Browsingmu dengan Private Browser!

Epic juga dapat menampilkan berapa banyak pengintip yang melacak kamu ketika kamu browsing melalui Chrome, Firefox dan IE. Dan satu fitur yang ditawarkan adalah EpicProxy yang akan mengenkripsi setiap bit data yang keluar dari browser kamu. Hanya dengan mengaktifkan fitur tersebut, EpicProxy juga akan menyembunyikan alamat IP kamu.

Secara default, Epic menawarkan berbagai fitur yang dapat membantumu untuk menjaga privasi dari internet, tidak ada cache dan history, menonaktifkan cache DNS, melindungi dari cookies pihak ketiga dan tidak menyimpan password. Oh ya, ketika kamu keluar setelah browsing, Epic akan membersihkan history, semua link yang dikunjungi, penyimpanan sementara, preferensi, session tertentu, cache media, favicons, DB terindeks, login data dan aplikasi & cache DNS.

Sembunyikan Aktivitas Browsingmu dengan Private Browser!

Gambar diatas merupakan contoh siapa saja yang mengintip disaat WinPoin browsing menggunakan Firefox. Wah, bahaya sekali ya gaes? Jika kamu tertarik dengan browser ini, kamu bisa mendownloadnya disini.

 

Iridium

Iridium adalah browser private yang berbasis Chromiun dengan penambahan modifikasi pada bagian user privacy. Iridium menyediakan semua fitur Google Chrome, seperti apps and extensions, shortcut keys, dll. Untuk bagian privasi, Iridium menawarkan beberapa fitur ekstra seperti pemblokan cookies setting website secara otomatis, penggunaan Qwant sebagai default search engine (mesin pencari) yang tidak akan merekam history pada saat kamu browsing, dan memblok website yang mengambil data dari komputermu.

Sembunyikan Aktivitas Browsingmu dengan Private Browser!

Iridium meningkatkan pengamanannya dengan menonaktifkan plugin Java, flash,dll dan menonaktifkan password auto save, prediksi DNS, link auditing, auto fill dan yang lainnya. Jika kamu ingin menikmati browser tersebut, kamu bisa mendownloadnya disini.

 

Tor

Tor (Total Onion Router), pada dasarnya dibuat oleh kerjasama antar grup server untuk memberikan privasi dan keamanan kamu dalam browsing di internet. Menggunakan satu set jalur virtual untuk menghubungkan ke website tujuan.

Sembunyikan Aktivitas Browsingmu dengan Private Browser!

Selama kamu browsing, detail session atau alamat ip tidak dicapture oleh pihak ketiga. Kamu dapat browsing dengan percaya diri karena aktivitasmu tidak dapat dilacak. Tor merupakan browser yang cocok untuk seorang jurnalis atau bidang lain yang sering mengirim data melalui internet.

Tor merupakan browser cross-platform dan mempunyai versi portable juga. Kamu dapat meluncurkan Tor dari USB pendrive atau membawanya kemanapun. Dengan Tor, kamu dapat terlindungi dari analisis lalu lintas data yang dilakukan pihak ketiga dan penyusup untuk melacak data yang kamu kirim. Kamu bisa langsung menggunakannya dengan mendownload terlebih dahulu disini.
Itulah beberapa browser private terbaik di Windows yang bisa dicoba untuk mengamankan data kamu. Menurut WinPoin, Epic Privacy Browser yang paling cocok digunakan. Bagaimana denganmu? Dan jika kamu mempunyai browser private lainnya, jangan sungkan untuk membagikannya di kolom komentar ya, gaes?

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

"You can if you think you can" | Computer Science Student