Awal tahun ini Microsoft meluncurkan perangkat Android Surface Duo yang bahkan saat ini ketersediaan perangkat ini masih sangat terbatas dan hanya untuk mereka yang kini berada di Amerika Serikat saja.

Berdasarkan beberapa reviewer diluar sana, Surface Duo memiliki build quality yang oke dan mantap, dengan panel kaca yang tentu cukup berkilau dan tampak elegan, namun tentu karena itu adalah panel kaca, ketika terjatuh akan sangat rentan untuk pecah, apalagi dengan perangkat yang bisa dibilang tidak mungil tersebut.

Dan terkait hal tersebut, baru baru ini salah satu pengguna Reddit WALLY_MAMM0TH telah mengunggah suatu hal yang cukup keren, dimana dia memodifikasi bagian panel kaca belakang salah satu bagian menjadi alumunium.

Tepat seperti pada gambar diatas, panel kaca telah diganti dengan alumunium yang memang bisa dibilang lebih tahan terhadap benturan dan tidak akan pecah seperti kaca, selain itu WALLY_MAMM0TH sendiri mengungkapkan bahwa mengubah panel kaca dengan alumunium tidak mempengaruhi kualitas penerimaan sinyal pada perangkat ini.

“I haven’t noticed a difference in signal. To be fair I’ve never gotten excellent service in my home. So going to work tomorrow will be a better test. Also, I suppose I’m not entirely sure if/where the antenna is. Could be in the left hand side of the phone, and that’s why I’ve seen no difference,” WALLY_MAMM0TH menjelaskan.

Untuk proses perubahan yang bisa dibilang upgrade custom ini, WALLY_MAMM0TH membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus melalui seluruh prosesnya dengan penuh kesabaran yang tinggi, apalagi ketika memotong dan merusak bagian kaca untuk digantikan dengan alumunium.

“I pain stakenly took the damaged back glass off piece by piece using a razor blade and tons of patience,” kata WALLY_MAMM0TH mengungkapkan perasaannya. “I would not recommend it lol.” lanjutnya.

“Took some measurements sketched it up in fusion 360, exported to silhouette studio for the stencil. Cut it out of some thin aluminum cleaned it up a bit and bam, an aluminum back glass Replacement. Still have full folding function, no signal loss, and I kinda think it’s helped with the dispersion of heat (but that may just be a suedo effect),” ungkap WALLY_MAMM0TH.

Jika dilihat pada gambar diatas, perubahan tampak simetris dan tampak tidak ada yang berubah, namun tentu kini bagian sisi layar yang polos (yang tanpa ada logo Microsoftnya) telah berubah menjadi alumunium.

Upgrade yang dilakukan WALLY_MAMM0TH ini cukup keren namun tentu sangat tidak direkomendasikan, bagaimana tidak, ini perangkat seharga 1.400 USD loh, atau setara Rp20.332.848 (berdasarkan kurs saat ini), dan itu belum termasuk biaya lainnya jika harus dibawa ke Indonesia, dan dengan melakukan upgrade seperti yang dilakukan pengguna reddit WALLY_MAMM0TH tersebut, setidaknya resiko kerusakan bisa lebih besar dan juga biaya modifikasi yang bisa dibilang tidak murah.

Nah bagaimana menurutmu mengenai modifikasi Surface Duo oleh pengguna Reddit WALLY_MAMM0TH ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Via : Reddit, Windows Central, News Softpedia

  Sport Earphone Terbaik dari Huawei..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.