Masih ingat dengan tools Windows Phone Internals yang kita kabarkan kemaren? Dengan tools ini kamu bisa mendapatkan akses root, unlock bootloaders, backup partisi, modifikasi partisi, bahkan juga membuat custom ROM Windows Phone sendiri. (Baca: Dengan Tool Ini Kamu Bisa Membuat Custom ROM Windows Phone Sendiri, dan Mendapatkan Akses Root nya)

Tidak berselang lama setelah keluarnya tools ini, akhirnya mulai bermunculan developer yang mengoprek-oprek Lumia, baik untuk uji coba maupun kesenangan.

Salah satunya adalah member XDA Developer Wack0Distractor yang menginstall Windows RT di Lumia 520 miliknya.

Siapa Bilang Lumia Tidak Bisa Dioprek? Seperti Inilah Ketika Windows RT Dijalankan Di Lumia 520

Untuk bisa melakukannya Wack0Distractor harus melakukan beberapa patching agar installer Windows RT bisa berjalan di Lumia. Hanya saja saat ini dia belum menjejalkan driver kedalamnya, sehingga touchscreen masih belum bekerja. Tetapi Wack0Distractor menyatakan bakal segera menambahkannya agar Windows RT benar-benar bisa berjalan lancar di Lumia 520 miliknya.

Munculnya hal ini juga semakin memicu developer lain untuk mulai bermain-main dengan Windows Phone. Kemungkinan bakal terus ada oprekan lain yang bermunculan, bahkan jika terus berlanjut bukan tidak mungkin kedepannya bakal muncul custom ROM unofficial untuk Lumia.

Tetapi lanjut tidaknya hal ini kembali bergantung kepada Microsoft. Kita masih menunggu apa respon Microsoft terhadap kemunculan tools Windows Phone Internals ini. Apakah Microsoft membiarkannya dan membebaskan developer dalam berkreasi dengan Lumia Windows Phone, ataukah memblokirnya dan mencegah keseruan ini berlanjut.

Menurut kamu, langkah apa yang seharusnya dilakukan oleh Microsoft? Membiarkannya, mendukungnya, atau malah menghentikannya?

via xda developer

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.