Sejak Skype diluncurkan lima belas tahun yang lalu, orang-orang telah berusaha untuk meretasnya agar bisa digunakan untuk merekam suara agar nantinya bisa diperiksa kembali. Ada belasan program berbeda yang ditulis untuk Mac, Windows, dan Linux (yang mana bahkan mendapatkan halaman dukungan Skype tersendiri!), tapi semua ini kadang tidak terakses oleh orang yang tidak punya waktu untuk mengutak-atik Skype untuk mendapatkan fitur tersebut.

The Verge adalah blog tekno yang pertama kali melaporkan bahwa semua ini akan berubah. Micorosoft sedang bersiap menggulirkan fitur rekaman Skype lintas platform di akhir bulan ini. Fitur rekaman tersebut juga didukung oleh sistem berbasis cloud yang akan merekam video semua orang dan juga berbagi layar selama telepon.

“Perekaman telepon sepenuhnya berbasis cloud, dan segera setelah Anda mulai merekam, semua orang yang ikut serta dalam telepon tersebut akan direkam juga,” demikian ungkap seorang perwakilan Microsoft Skype kepada The Verge. “Rekaman telepon menggabungkan video semua orang, juga layar yang dibagikan selama menelepon.”

Berkat implementasi berbasis cloud ini, rekaman telepon ini dapat bekerja lintas platform, mencakup Windows, Mac, iOS, Android, dan bahkan Linux. Sebuah aplikasi desktop baru juga akan hadir, yang mana juga akan menyertakan sebuah antarmuka yang lebih dekat mewakili aplikasi seluler Skype.

Menurut The Verge, fitur baru ini akan mulai digulirkan pada akhir bulan Juli dan akan tersedia bagi pengguna Skype di semua platform, meskipun belum diumumkan kapan waktu persisnya. Kabar baik ini nampaknya bakal disambut sedih para pengembang software perekam Skype, yang tentu akan kalah bersaing dengan fitur bawaan yang segera dirilis ini. Bagaimana pendapat kamu? Apakah fitur rekaman ini akan menjadi ‘pengubah permainan’ bagi Skype yang selama ini kelihatan kurang populer di kalangan umum?

 

 

Sumber: BGR

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.