Telegram Kini Kumpulkan IP dari Pengguna Untuk Target Iklan

Telegram memang terkenal sangat menjaga privacy para pengguna, bahkan mereka tidak mengumpulkan IP pengguna sehingga aplikasi ini kadang sering dimanfaatkan untuk hal yang tidak bertanggung jawab.

Mengenai Telegram, baru baru ini ada kabar menarik nih, karena Telegram kini memutuskan akan mengumpulkan IP dari pengguna untuk menargetkan Iklan. Yap, informasi ini bisa kamu lihat pada halaman Telegram berikut, dimana disana menjelaskan bahwa mulai 8 Juli 2023, iklan yang ditampilkan akan disesuaikan dengan lokasi berdasarkan IP pengguna.

Meskipun begitu, Telegram memastikan bahwa tidak akan ada informasi apapun yang mereka kumpulkan selain IP, dimana pengumpulan IP ini sendiri dimaksudkan agar pengguna tidak mendapatkan iklan dengan bahasa dari negara tertentu.

"In a press release, Telegram explained that this would avoid showing ads in certain countries or territories  for example, if advertisers want to run a Russian-language ad but require it not to be displayed in Russia." ungkap Telegram dilansir dari WinAero

Lalu apakah pengumpulan IP ini ditujukan untuk semua pengguna Telegram, oh tidak guys, sayangnya ini hanya terjadi pada para pengguna Telegram gratisan saja, karena para pengguna Telegram Premium seperti yang kita tahu tidak memiliki dan menampilkan iklan.

Nah apakah kamu pengguna Telegram? komen dibawah guys dan bagaimana pendapatmu mengenai hal ini? apakah kamu pernah mendapatkan iklan di aplikasi kamu? karena selama menjadi pengguna Telegram, saya belum pernah mendapatkan iklan bahkan jika itu adalah Telegram gratisan.

Via : WinAero

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli buku saya di Google Play Book

Post navigation