Untuk kamu yang masih menggunakan Windows Phone, ya.. Windows Phone yang benar-benar Windows Phone 8.1 (tentu saja juga untuk Windows 10 Mobile).. nampaknya Telegram masih memberikan dukungan yang optimal karena baru-baru ini, aplikasi chat asal Rusia ini baru saja memberikan update dengan fitur terbarunya sebagai sorotan utama: Passport!

Telegram Passport pada dasarnya adalah cara untuk menyimpan informasi pribadi dan dokumen identitas di cloud untuk akses mudah saat diperlukan. Semua informasi ini dienkripsi dan akan disimpan di cloud yang didukung oleh teknologi blockchain. Teknologi pengaman ini sedang populer akhir-akhir ini digunakan sebagai pengaman di banyak layanan Cloud.

Berikut ini release notes resmi dari Telegram untuk update terbarunya:

  • Telegram Passport – sebuah metode otorisasi untuk layanan yang memerlukan identifikasi pribadi.
  • Menyimpan dokumen identitas dan data pribadi Anda di cloud Telegram menggunakan Enkripsi End-to-End.
  • Secara instan membagikan data Anda dengan layanan yang memerlukan tanda pengenal dunia nyata (keuangan, ICO, dsb)
  • Untuk implementasi di kehidupan nyata, harap lihat www.ePayments.com/tg – sistem pembayaran elektronik pertama yang terintegrasi dengan Telegram Passport.

Telegram memang merupakan aplikasi chat populer (yang sayangnya banyak disalahgunakan oleh organisasi gelap dan teroris) yang banyak digunakan oleh komunitas online. Telegram terus menunjukkannya terhadap Windows Phone dengan update yang rutin dan terus menerus. Selain itu aplikasi Telegram Desktop di Windows 10 juga mendapatkan banyak dukungan.

Untuk pengguna di Indonesia, sebenarnya fitur Passport ini masih belum relevan digunakan. Akan tetapi tidak ada salahnya jika kamu mempelajari terlebih dahulu ketentuannya untuk kemudian memanfaatkan layanan ini jika sudah didukung penuh di Indonesia. Saya akan mengabarkan bagaimana penggunaan fitur Passport ini di Indonesia jika sudah memungkinkan.

 

Sumber: OnMSFT, Telegram Blog

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.