Terus Merugi, Nokia Ingin Menjual Layanan Mapping HERE

Siapa sangka aplikasi mapping akurat favorit pengguna Windows Phone, Nokia HERE ternyata terus merugi. Sejak dibeli dari Navteq Corp senilai 8.1 miliar Euro tahun 2008 lalu, kini HERE hanya bernilai 2 miliar Euro saja. Bahkan di tahun ini Nokia kembali merugi hingga 1.21 miliar Euro untuk biaya operasional HERE Maps.

Dengan keadaan yang terus merugi dan keinginan untuk lebih fokus di bisnis networknya, Nokia dikabarkan berencana menjual layanan mapping HERE miliknya. Bulan ini kabarnya proses lelang harga sudah akan dimulai.

Ada beberapa pihak yang terlihat tertarik untuk membeli Nokia HERE, misalnya saja Uber Technologies, Volkswagen AG, BMW AG, Daimler AG, dan beberapa perusahaan private lainnya.

 

Microsoft Belum Tertarik

Hingga saat ini belum ada tanda-tanda ketertarikan Microsoft untuk membelinya, padahal HERE Drive dan HERE Maps merupakan aplikasi mapping andalan di Windows Phone. Jika pemilik barunya nanti memutuskan untuk menghentikan pengembangan HERE versi Windows Phone, maka pengguna WP bisa kehilangan aplikasi peta terbaik yang pernah ada di platform ini.

 

Bisnis Nokia Semakin Habis

Semenjak bisnis devicenya dibeli oleh Microsoft, Nokia praktis hanya memiliki tiga bisnis tersisa yaitu divisi network, mapping, serta research and development (paten). Kini dengan akan dijualnya HERE maka bisnis sang mantan raja handphone ini pun semakin habis.

 

Harapan Kamu?

Dengan akan dijualnya layanan HERE oleh Nokia, apakah kamu berharap Microsoft yang akan membeli dan memilikinya?

via bloomberg

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.