4 Langkah (untuk yang pernah memiliki)

Terkadang terjadi situasi di mana kamu merasa perangkat kamu sudah ketinggalan jaman dan kamu ingin melakukan upgrade ke perangkat Windows Phone terbaru. Atau mungkin juga kamu sudah pernah memiliki Windows Phone sebelumnya, namun karena satu dan lain hal beralih ke OS lain, lalu kangen, dan ingin menggunakan Windows Phone kembali. Microsoft memudahkan kamu untuk melakukan setting di perangkat baru. Apalagi bila pada Windows Phone kamu yang sebelumnya, kamu tidak lupa memilih opsi backup (pada Setting > Backup) dan menyelaraskan perangkatmu dengan perangkat Windows Phone lain (Setting > Sync my Settings). Kedua fasilitas tersebut memudahkan kamu untuk mengelola pengaturan di perangkat Windows Phone yang baru. Meskipun demikian, tetap ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan setelah membeli perangkat Windows Phone untuk kedua kalinya demi kenyamanan kamu sendiri.

Kali ini Winpoin menghadirkan tips untuk kamu berupa 4 langkah yang sebaiknya kamu lakukan setelah membeli perangkat Windows Phone baru untuk kamu yang sudah pernah memiliki. Tidak perlu persiapan sebanyak ketika pertama kali kamu memiliki perangkat ini, namun tetap saja ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

 

1. Persiapkan koneksi Internet yang Stabil (dan Kalau Bisa Kuat)

4 Langkah (untuk yang pernah memiliki)

Jika pada saat pertama kali memiliki perangkat Windows Phone, kamu memerlukan koneksi internet yang stabil, ketika kamu membeli perangkat windows phone untuk kedua kalinya ini, kamu tetap memerlukannya. Apalagi bila pada perangkat sebelumnya kamu telah memasang aplikasi yang jumlahnya sangat banyak, maka di perangkat baru ini, kamu harus sabar menunggu semua aplikasi tersebut dipasang satu per satu.

Bila sebelumya kamu pernah memiliki perangkat Windows Phone, maka kali ini kamu tinggal memasukkan ID Microsoft kamu (Sign-In), dan kemudian menunggu Microsoft melakukan penyelarasan serta mengembalikan seluruh aplikasi yang kamu miliki. Ini membutuhkan koneksi yang stabil serta kesabaran. Tentang aplikasi, jangan kuatir. Jika kamu sebelumnya telah membeli aplikasi di perangkat sebelumnya, maka kamu tidak perlu membelinya kembali. Dalam situasi jika ada aplikasi yang meminta kamu membelinya kembali, coba hubungi developer untuk melakukan protes. Namun kasus ini sangat jarang terjadi. Meskipun demikian, saya sempat mengalami pada aplikasi Phototag

 

2. Masukkan Akun Email Terlebih Dahulu

Langkah membeli Windows Phone Baru

Di awal proses, kamu akan diminta untuk memasukkan akun-akun email yang aktif di perangkat Windows Phone kamu. Bila kamu menggunakan sistem keamanan dua langkah (misalnya verifikasi email dengan kode yang terkirim ke ponsel atau akun email lain), maka kamu perlu siap di depan PC atau laptop dan login pada akun email tersebut. Ini untuk berjaga-jaga jika kamu hanya punya satu perangkat smartphone, ketika kode verifikasi email kamu dikirim, mau cek dimana hayoo?!… Karena itu persiapkan perangkat lain atau PC untuk prosedur verifikasi ini.

 

3. Periksa Semua Aplikasi yang Memerlukan Login

4 Langkah (untuk yang pernah memiliki)

Setelah semua aplikasimu terpasang, maka tugas berikutnya adalah memeriksa aplikasi yang memerlukan login. Beberapa aplikasi seperti Twitter, Tweetium, dan Instagram langsung login otomatis sesuai dengan ID yang kamu gunakan. Tapi terkadang ada aplikasi yang belum posisi login. Nah, kamu harus memasukkan ID dan password kamu untuk kelancaran menggunakan aplikasi ini setelahnya.

 

4. Persiapkan Charger

4 Langkah (untuk yang pernah memiliki)

Proses install ulang memakan waktu yang cukup panjang, apalagi jika aplikasi yang kamu miliki sangat banyak. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan charger untuk mendukung prosedur persiapan ini agar berjalan dengan lancar.

 

Nah, demikianlah 4 hal yang perlu kamu persiapkan apabila kamu membeli ponsel Windows Phone baru, sedangkan sebelumnya kamu pernah memilikinya. Microsoft telah mempermudah prosedur untuk menyesuaikan akun dan seluruh aplikasi kamu, sehingga bahkan kamu tidak perlu khawatir kehilangan aplikasi serta history percakapan dan SMS kamu, selama kamu selama memiliki perangkat Windows Phone telah melakukan prosedur back up. Ada tips tambahan? Silakan tambahkan di kolom komentar berikut.

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.