Home Editorial Kapan Waktu yang Tepat Untuk Refresh, Reset, Restore atau Install Ulang Windows??

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Refresh, Reset, Restore atau Install Ulang Windows??

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Refresh, Reset, Restore atau Install Ulang Windows??

Install Ulang? Pasti pengguna Windows sudah pernah melakukan pekerjaan seperti ini. Apalagi jika system restore tidak bisa memperbaiki komputer. Jika komputer diibaratkan orang sakit yang sudah mencapai stadium akhir, install ulang ada cara terbaik untuk memperbaiki sistem yang rusak dan tidak dapat disembuhkan.

Bagi pengguna Windows 7, mereka hanya memiliki dua pilihan untuk bisa menggunakan komputer mereka, install ulang atau system restore. Tapi ketika ada Windows 8, penggunanya dibuat bingung dengan adanya berbagai metode untuk menyembuhkan Windows. Contohnya seperti Windows Refresh dan Windows Reset. Beberapa user dibuat bingung, metode mana yang paling cocok untuk menyembuhkan mereka. Berikut ini WinPoin akan memberikan beberapa keadaan atau waktu yang tepat untuk melakukan berbagai metode ketika komputer Windows kamu rusak.

 

System Restore

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Refresh, Reset, Restore atau Install Ulang Windows??

Kasusnya komputer kamu bekerja seperti biasa, tiba-tiba terjadi crash atau BSOD. Komputer biasa booting tapi kadang-kadang crash tanpa sebab. Kamu baru saja menginstall software atau update driver, lalu komputer kamu sering crash. Pokoknya kalau komputer kamu sering crash atau BSOD, jalan keluar yang bisa kamu ambil sebelum install ulang adalah system restore. System restore bekerja dengan mengambil snapshot dari system state (hanya file system yang penting saja) dan memungkinkan kamu untuk mengembalikan system ke keadaan sebelumnya di waktu tertentu.

Jika komputer kamu sering crash ini kemungkinan karena konfigurasi system yang rusak, dan ini bisa diperbaiki dengan konfiguras sebelumnya menggunakan system restore. Sayangnya system restore baru bisa bekerja jika sebelumnya kamu memiliki restore point. Jika kamu tidak memiliki satu pun restore point, Windows tidak akan bisa kembali seperti semula. Kalau kamu memiliki restore point dengan state yang jarang maka kamu akan kembali ke keadaan yang sangat lama. Dimana software-software yang kamu install akan hilang sesudah state ini dibuat. (Baca: Cara Menggunakan System Restore)

 

Windows Refresh

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Refresh, Reset, Restore atau Install Ulang Windows??

Kalau kasusnya komputer kamu terkena malware dan antivirus tidak dapat menghapusnya, sehingga malware bersarang di komputer kamu. Sepertinya kamu harus menggunakan Windows Refresh. Kadang-kadang system restore memang bisa membersihkan malware, tapi itu bisa terjadi untuk tipe malware tertentu. Tapi kalau malware melekat kuat di sistem dan menyebarkan ke titik lainnya, sebaiknya kamu menggunakan Windows Refresh. (Baca: Cara Melakukan Refresh di Windows 8.1 (Dilengkapi Gambar))

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Refresh, Reset, Restore atau Install Ulang Windows??

Windows Refresh bekerja seperti menginstall ulang Windows tapi tidak akan menghapus file pribadi kamu. Dengan melakukan ini kamu akan menghapus malware yang bersarang di system, karena Windows Refresh menggantikan semua file system tanpa menghapus data kamu. Jika file system sebelumnya dihapus dan digantikan dengan yang baru maka secara otomatis semua program yang kamu install akan hilang (kecuali aplikasi modern/metro).

Salah satu keuntungan Windows Refresh, ia akan menyimpan daftar program yang diuninstall di desktop, jadi kamu bisa menginstall kembali semua program secara manual.

 

Windows Reset

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Refresh, Reset, Restore atau Install Ulang Windows??

Kamu tidak memerlukan komputer karena sudah membeli komputer baru? atau ingin memberikan komputer kamu ke saudara atau teman? Windows Reset akan sangat berguna jika kamu ingin melakukan hal itu. Berbeda dengan Windows Refresh, Windows Reset akan menghapus semua file system dan file pribadi kamu. Maka dari itu sebelum kamu melakukan Windows Reset, kamu harus melakukan backup. Pindahkan data kamu ke Flashdisk atau Hardisk External agar kamu tidak menyesal nantinya. Jika system kamu tidak mau booting, Windows Refresh dan Windows Reset bisa menjadi pilihan untuk memperbaiki komputer kamu. (Baca: Cara Melakukan Reset di Windows 8.1 (Dilengkapi Gambar))

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Refresh, Reset, Restore atau Install Ulang Windows??

 

Install Ulang Windows

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Refresh, Reset, Restore atau Install Ulang Windows??

Sebenarnya System Restore, Windows Refresh, dan Windows Reset, 99% akan memperbaiki komputer kamu ketika terjadi masalah. Tapi jika ketiga cara itu masih tidak bekerja, install ulang Windows satu-satunya jalan untuk bisa mengoperasikan lagi komputer kamu. (Baca: Daftar Aplikasi yang Kamu Butuhkan Setelah Install Ulang Windows)

 

Jika komputer kamu tidak bisa booting atau tidak bisa masuk ke sistem Windows, Windows Refresh dan Windows Reset masih bisa kamu coba untuk memperbaiki komputer sebelum kamu mengambil langkah install ulang Windows.

Seberapa seringkah kamu melakukan install ulang Windows di komputer kamu? Apakah kamu punya tips lain untuk menghindari install ulang di Windows? Berikan tanggapan kamu melalui komentar di bawah ini.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • RiDho Ahmad

    ane apik merawat sistem..,
    selama 2 tahun lebih berlaptop tidak pernah instal ulang,
    tapi semua musnah ketika Harddisk ane rusak
    ( sekarang harddisk baru, Windows baru, sistem baru :’)
    itulah yg sering membuat ane merasa galau )

    • bagus

      masih curhat aja mbak ? wkwkwkwk…

      • RiDho Ahmad

        Iya neng , terbawa suasana :v

    • Itulah pentingnya melakukan backup secara rutin sob
      Dulu pernah aku share disini beberapa alasan kenapa sebaiknya melakukan backup sekarang tanpa ditunda2 lagi, salah satunya adalah HDD yang kita miliki bisa rusak secara tiba2 dan semua data didalamnya hilang :D

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Waduh berapa disketnya tuh?? Ngelawak nih om Mod..

  • Dimas Nazhif Rizqullah

    7 kali vrohhhhh….

    • asal jangan 7 kali sehari ya broh..ntar teler PC nya

  • Rasshid

    Palingan ane instal ulang yaa ke Windows 7 dulu.. Biar ntar aktivasinya gampang buat Win 10 :v *eh

    • jangan lupa yang SP1, kalo gak gitu gak dapet upgrade gratis

      • Rasshid

        Tentunya :v

  • akazone

    kalo reset atau refresh window itu termasuk menghapus file di luar sistem window (biasanya di C) gak om??

    • Pilih yang “Refresh your PC without affecting your files” kl gak pengen data nya kepengaruh

      Tp saranku backup utk jaga2 in case terjadi sesuatu

  • Nah ini yang baru saya tanyakan di forum kemarin namun saya merasa tidak ada respon yang berhasil untuk menjawab pertanyaan saya itu, bisa di cek min

    http://forum.winpoin.com/diskusi-cara-refresh-windows-8-1-tanpa-instal-ulang?pid=95113

  • Rifky Irpan Ramadhan

    Beberapa pertanyaan. Bila menggunakan reset windows, yang terhapus itu cuman di disk C: (tempat install windows) aja, ‘kah? Hampir sama kayak Install Ulang (Re-Install)

    Mungkin, sebelum menggunakan restore point (system restore), ane pilih dulu antara reset atau install ulang… :p

    ─ ─ END ─ ─

  • falsa rizky

    min, pas pertama nyoba windows 8.1 gua inul tuh sampek 10x nyoba mulai dari yg pro sampek enterprise
    apakah jangka panjang ntar ada efeknya ??

  • Naufal Adrian Firmansyah

    disket/floppy disk

  • iman indawan

    Master mohon bantuan laptop vaio sy tdk bisaa di “Riset / Refresh”
    sebelumnya kehapus driver di lokal C (Windows), mungkin 2 atau 3 folder ukuranny Kb
    ???
    Mohon bantuannya master :)