Home News Tidak Ada yang Bisa Mengalahkan AI Microsoft Saat Bermain Pac-Man (Video)

Tidak Ada yang Bisa Mengalahkan AI Microsoft Saat Bermain Pac-Man (Video)

AI ini berhasil mengalahkan score tertinggi yang pernah diraih oleh manusia..

Tidak Ada yang Bisa Mengalahkan AI Microsoft Saat Bermain Pac-Man (Video)
images from softwarefocus.net

Tamat, Game Over! AI buatan Microsoft ini berhasil mendapatkan score maksimum yang bisa didapatkan dari game klasik populer tahun ’80an yaitu Ms. Pac-Man. AI ini dikembangkan oleh team dari Maluuba — sebuah startup deep learning yang diakuisisi Microsoft.

AI ini berhasil meraih score maksimal 999990. Padahal score tertinggi yang pernah ditorehkan oleh manusia saat memainkannya adalah 266330 yang diraih oleh player dari Brazil — dan itu sudah sangat dewa sekali!.

Lihat saja bagaimana AI tersebut bermain Ms. Pac-Man:

Ms. Pac-Man sendiri sebenarnya merupakan game yang lebih sulit daripada Pac-Man standard, karena selain lebih sulit diprediksi, Ms. Pac-Man memang didesain untuk arcade play. Co-creator game Ms. Pac-Man, Steve Golson, menyatakan bahwa Ms. Pac-Man memang simple tetapi hampir tidak mungkin untuk ditamatkan. Game ini sengaja dibuat untuk membuat pemainnya ketagihan, geregetan, serta berpikir:

“Oh..hampir, hampir bisa! Aku akan mencoba lagi!”

Padahal sebenarnya mereka akan gagal dan game over sebelum bisa berhasil mendapatkan poin tertinggi tersebut karena begitu sulitnya permainan.

Sebagai informasi, AI ini dikembangkan dengan memanfaatkan Reinforcement Learning. Dalam dunia penelitian AI, Reinforcement Learning merupakan lawan dari Supervised Learning, dimana AI ini bakal menjadi semakin pintar dengan semakin banyaknya contoh benar dan salah yang diajarkan. Dengan motode ini AI bisa membuat keputusan sendiri, serta tidak memerlukan campur tangan manusia bahkan di pekerjaan-pekerjaan kompleks.

Metode yang sama bisa digunakan untuk mengembangkan AI bagi perusahaan untuk menemukan target pelanggan potensial di hari dan waktu tertentu, atau untuk menentukan karyawan mana yang lebih menguntungkan diberikan perpanjangan kontrak.

Kecerdasan buatan ini hanyalah awal dari pengembangan AI yang lebih cerdik lagi di masa depan, AI yang yang bisa belajar dan menentukan keputusannya sendiri tanpa banyak campur tangan manusia.

Berani menguji sulitnya mendapatkan score tinggi di game Ms. Pac-Man? Kamu bisa coba memainkannya sendiri secara online disini. Jangan lupa bagikan score tertinggi yang berhasil kamu dapatkan di kolom komentar.

via microsoft

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.