Perang sistem operasi di dunia PC sudah tidak asing lagi. Windows, Mac, dan Linux adalah 3 sistem operasi yang seolah sudah menjadi musuh bebuyutan. Di smartphone apalagi, Android, iOS, dan Windows Phone seolah tidak ada habisnya perang fitur untuk merebut hati penggunanya. Namun kini tidak hanya PC dan smartphone saja yang melakukan perang OS, TV sekarang juga sudah ikut-ikutan melakukannya.

Saat ini ada 3 sistem operasi utama yang digunakan di Smart TV. Android yang sering digunakan oleh Sony, Tizen yang kini digunakan oleh Samsung, dan WebOS yang digunakan oleh LG.

Tidak Hanya PC dan Smartphone yang Perang OS, TV Sekarang Juga Perang OS!
LG TV Berbasis WebOS
Tidak Hanya PC dan Smartphone yang Perang OS, TV Sekarang Juga Perang OS!
Samsung TV Berbasis Tizen
Tidak Hanya PC dan Smartphone yang Perang OS, TV Sekarang Juga Perang OS!
Sony TV Berbasis Android

Fenomena ini sangatlah menarik karena setiap brand yang bersaing satu sama lain menggunakan sistem operasi yang berbeda untuk produk TV mereka. Artinya baik Sony, LG, maupun Samsung bakal terus perang fitur di smart TV mereka agar bisa menjadi pilihan bagi penggunanya.

Sebagai informasi, Sony baru saja memperkenalkan smart TV tertipis di dunia dengan tebal yang hanya kurang dari 0.5 cm saja dengan basis OS Android. TV ini bisa digunakan untuk streaming, gaming, dsb.

Akankah Microsoft nantinya bakal menurunkan Windows sebagai sistem operasi TV juga? Dari yang kita ketahui, Microsoft kini tengah mengembangkan Windows IoT (Internet of Things), dimana versi Windows ini nantinya akan menjadi sistem operasi dari berbagai produk di sekitar kita seperti smart AC, Kipas Angin, Speaker, mobil, dan mungkin termasuk juga TV.

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.