Home PC Tips Dasar Agar Windows 10 Tetap Aman dan Nyaman — Tips #51

Tips Dasar Agar Windows 10 Tetap Aman dan Nyaman — Tips #51

Sudah pakai Windows 10 di PC atau Laptop? Bagaimana rasanya? Apakah kamu menggunakan program tambahan untuk tambahan keamanan dan mengoptimalkan kinerja PCmu / Laptopmu? Apakah sebenarnya kamu benar-benar butuh program-program tersebut? Meskipun mungkin sudah banyak yang tahu, namun tetap saja banyak juga yang belum tahu.

Tips Dasar Agar Windows 10 Tetap Aman dan Nyaman

Windows 10 sejatinya sudah dilengkapi dengan beberapa tool yang bisa membuat penggunanya tidak lagi butuh aplikasi tambahan. Meskipun kemampuannya mungkin kalah dengan program pihak ketiga, namun biasanya program pihak ketiga menggunakan resource komputer lebih banyak sehingga membuat komputer lambat. Sebelum memutuskan untuk menggunakan program atau aplikasi pihat ketiga, ada baiknya kita mengenal beberapa tools bawaan Windows sehingga pada dasarnya kita tahu bahwa di Windows 10 sudah tersedia.

 

Jangan pernah abaikan Security and Performance (Dulu namanya Action Center)

Pernahkan dirimu mendapatkan peringatan dari Security and Performance di pojok kanan bawah atau notification center? Biasanya beberapa peringatan seperti Windows Update, Windows Defender, Firewall, hingga masalah driver.

Tips Dasar Agar Windows 10 Tetap Aman dan Nyaman

Jangan pernah mengabaikan pesan tersebut. Segera selesaikan permasalahannya agar komputer tetap aman dan nyaman. Misalnya pesan agar Windows Defender perlu permbaruan dan memindai komputer, atau Windows perlu diupdate karena sudah lama tidak diupdate. Sesegera mungkin, segera lakukan karena itu untuk kebaikanmu juga.

Tips Dasar Agar Windows 10 Tetap Aman dan Nyaman

 

Update Windows? Mengapa harus malu?

Ketika pengguna Windows Phone sangat bahagia ketika ponselnya mendapatkan notifikasi update baru, mengapa kebanyakan pengguna Windows PC malah sebaliknya? Menurutmu, mengapa Microsoft repot-repot membuat update untuk Windows? Selain perbaikan dan patch, juga terdapat penambahan fitur baru. Contoh paling gampang ya update dari Windows 8.1 ke Windows 10 secara gratis. Para pengguna Windows kebanyakan sudah tertanam dalam darah daging mereka bahwa update Windows itu tidak penting, membuat kinerjanya melambat, hingga nanti lisensinya ketahuan sama Microsoft. hehehe… Untuk masalah lisensi mungkin ada benarnya, namun pengguna Windows original begitu mendambakan update karena akan membuat komputer mereka semakin lebih baik. Jadi, jangan pernah malu untuk update Windows.

Tips Dasar Agar Windows 10 Tetap Aman dan Nyaman

 

Antispyware dan Antivirus? Gunakan saja Windows Defender

Secara fitur, harus diakui Windows Defender memang sangat kalah. Namun kelebihan yang tidak dimiliki oleh antivirus lain adalah kinerjanya yang sangat mulus dan hampir tidak menganggu kinerja Windows secara keseluruhan. Untuk kemampuannya sendiri sebenarnya cukup bagus.  Selain menghapus dan mengkarantina Spyware dan Virus secara realtime, juga terdapat fitur seperti proteksi cloud, pengiriman sample, exception, dan lain-lain. Databasenya pun cukup bagus. Hingga sekarangpun saya masih nyaman dengan hanya menggunakan Windows Defender. Setiap kali menyolokkan flashdisk liar, virus dan spyware yang ada selalu berhasil terdeteksi tanpa adanya penurunan kinerja Windows. Mau pakai Antivirus pihak ketiga yang lebih powerful? Boleh boleh saja kok :)

Tips Dasar Agar Windows 10 Tetap Aman dan Nyaman

 

Firewall? Gunakan saja Firewall bawaan.

Windows sejatinya sudah dilengkapi dengan firewall bawaan. Apa itu firewall? Sistem software yang menyaring lalu lintas (traffik) mana saja yang aman dan mana saja yang tidak aman. Intinya sih, biar koneksi ke jaringan lebih aman. Firewall tambahan biasanya ada di antivirus pihak ketiga. Namun secara default, Windows sudah ada kok dan sudah menyala secara otomatis. Jadi kamu sebenarnya tidak perlu lagi memikirkan masalah keamanan Windows 10. Syaratnya, kalau ada notifikasi di Security and Performance, segera bereskan pesan tersebut.

Tips Dasar Agar Windows 10 Tetap Aman dan Nyaman

 

Membersihkan disk? Tidak perlu aplikasi tambahan

Pasti diantara kalian banyak yang pasang aplikasi tambahan untuk membersihkan disk dari sampah kan? Gak masalah kok, tapi sebenarnya kamu tidak perlu lagi aplikasi seperti ini. Windows sudah menyediakan aplikasi Disk Cleaner yang sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk membebaskan komputer kamu dari sampah. Dengan demikian, kamu bisa membersihkan disk jika dirasa sudah banyak sampah yang menumpuk.

Tips Dasar Agar Windows 10 Tetap Aman dan Nyaman

 

Defrag disk? Bisa!

Sama nih. Windows sudah menyediakan aplikasi untuk defrag disk, jadi sebenarnya tidak perlu aplikasi tambahan lagi. Aplikasi ini terbilang mudah digunakan. Tinggal klik Analyze untuk menganalisa lalu klik Optimize untuk memulai defragmentasi. (Baca : Benarkah Mendefrag Hardisk Bisa Mempercepat Komputer?)

Benarkah Mendefrag Hardisk Bisa Mempercepat Komputer?

 

Scan disk error? Juga bisa

Mengecek apakah disk terdapat error atau tidak, juga tidak perlu aplikasi tambahan. Kita bisa mengeceknya langsung melalui properti di masing-masing drive.

Benarkah Mendefrag Hardisk Bisa Mempercepat Komputer?

Memang banyak aplikasi pihak ketiga yang memiliki fitur jauh lebih bagus dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi bawaan Windows tersebut. Namun, fakta jua menunjukkan bahwa aplikasi pihak ketiga bisa membuat kinerja Windows melambat sehingga malah membuat Windows tidak nyaman. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi bawaan Windows ini, kita bisa tetap aman dan nyaman tanpa mengurangi performanya.

Bagaimana? Apakah masih ada yang kurang? Apa aplikasi pihak ketiga yang kamu gunakan?

Jangan lewatkan juga berbagai tips Windows 10 lainnya dalam seri Windows 10 Tips by WinPoin

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia