Home Phone Tips Agar Update Windows 10 Mobile Berjalan Lancar

Tips Agar Update Windows 10 Mobile Berjalan Lancar

Ada yang sudah siap dengan update Windows 10 Mobile di Lumia kamu? Beberapa waktu yang lalu ada kabar bahwa Windows 10 Mobile Final akan tersedia tidak lama lagi. (Baca :Windows 10 Mobile Final Akan Tersedia 2 Minggu Lagi?). Misalnya meskipun updatenya sudah siap tinggal download dan install, apakah Lumiamu sudah siap menerima update tersebut?

Tips Agar Update Windows 10 Mobile Berjalan Lancar

Masih ingat dulu waktu update Amber hingga Denim, selalu ada saja yang mengalami gagal update hingga Lumianya kena brick? Padahal updatenya kan gampang, tinggal download lalu install tapi kok masih ada saja yang gagal? Yup, kemungkinan besar ponsel mereka tidak siap menerima update tersebut. Maksudnya apa? Yuk cek dulu tips yang satu ini biar saat Windows 10 Mobile sudah tersedia, tinggal download dan install tanpa takut gagal move on, eh maksudnya gagal update :D.

 

Pastikan Memori Internal Lumiamu cukup

Pastilah, nggak usah ditanya lagi. Update Windows 10 Mobile butuh memori agar prosesnya berjalan lancar. Saya memang kurang tahu berapa ukuran pasti untuk menginstall Windows 10 Mobile. Namun saya selalu menyediakan sisa memori internal 2.5 GB dari mulai Amber hingga Denim dan hasilnya sangat lancar.

 

Hapus Semua Aplikasi dan Game di kartu memori

Apakah kamu merasakan bahwa memasang aplikasi dan game di kartu memori memperlambat kinerja Lumiamu? Memang sebenarnya, tidak disarankan memasang aplikasi dan game di memori eksternal, karena akan berimbas pada kinerja Lumia.

Seperti kata Microsoft disini

The quality of your memory card may affect the performance of your phone greatly

Jadi, mulai sekarang bila memang masih cukup kapasitasnya, biasakanlah memasang aplikasi dan game di memori internal. Saya sendiri selalu memasang aplikasi dan game di memori internal.

Plus jangan remehkan juga kualitas memory card kamu ya.

 

Cabut Kartu Memori

Setelah menghapus semua aplikasi dan game di kartu memori, cabut kartu tersebut. Mengapa saya menyarankan untuk menghapus aplikasi dan game dulu baru kartu memorinya dicabut? Untuk mencegah bila aplikasi dan game tersebut tidak kompatibel dengan Windows 10 Mobile. Bila tidak kompatibel, maka aplikasi dan game tidak akan muncul iconnya di menu, tapi masih menyisakan memori di kartu memori. Nggak bisa dihapus deh, untuk menghapusnya harus dengan format kartu memori. Biasakan untuk mengisi kartu memori dengan dokumen, foto, musik, dan video saja.

 

Hapus Aplikasi dan Game berukuran besar di memori internal 

Meskipun sisa kapasitas kosong di memori internal sudah lebih dari cukup, namun hapus saja semua aplikasi dan game, terutama yang berukuran besar. Ingat, update melalui OTA itu akan terus mempertahankan data yang ada. Ada data kontak, pesan, pengaturan, dokumen, musik, video, dan juga data aplikasi dan game. Bila semakin banyak data yang harus dipertahankan, semakin lambat kinerjanya. Semakin sedikit aplikasi dan game yang terpasang, semakin cepat pula proses updatenya.

 

Pastikan pasokan daya cukup

Paling fundamental adalah pastikan Lumiamu tidak kehabisan daya saat proses update. Isi sampai penuh dulu sebelum diupdate. Atau cara termudah adalah update sambil dicharge. Namun pastikan juga listriknya tidak mati saat proses update berlangsung.

Nah mungkin itu sedikit tips yang bisa dicoba. Tidak ada salahnya mencoba. Setidaknya saya sudah mencobanya sejak amber hehehe… Mencegah lebih baik daripada mengobati.

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang
#MiaSanMia