Home Tutorial Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet

Kamera Lumia, baik secara hardware maupun software, punya kapabilitas yang bisa dibilang sangat bagus. Namun, tidak sedikit dari kita pula yang hanya menggunakannya untuk sekedar foto-foto bareng bersama teman. Padahal, bila kita tahu beberapa ilmu tentang fotografi, kita bisa membuat foto dengan seni artistik tertentu. (Baca : Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Nokia Camera untuk Fotografi). Salah satunya ada siluet (Inggris : silhouette). Teknik fotografi ini dihasilkan oleh pengaturan kamera, sehingga efek yang dihasilkan adalah murni natural dan bukan hasil rekayasa software.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet

Perlu diketahui, untuk membuat efek siluet dengan menggunakan Lumia, kita harus mengetahui beberapa tekniknya. Pertama, carilah objek yang akan difoto dan objek harus membelakangi sumber cahaya. Kedua, buat nuansa gelap dengan menurunkan kecerahan. Menurunkan kecerahan bisa dengan cara mengunci shutter speed dan menurunkan ISO, atau dengan menurunkan brightness secara langsung, atau mungkin kedua-duanya. Ketiga, adalah memilih white balance sesuai selera (opsional).

Untuk tips ini, saya menggunakan model objek yaitu teman saya sendiri. Software kamera yang saya gunakan adalah Lumia Camera di Lumia 620. Pertama, pastikan objek membelakangi cahaya. Dengan membelakangi sumber cahaya, maka objek akan terlihat hitam. Lalu turunkan kecerahan dengan memainkan shutter speed dan ISO, atau bisa juga dengan langsung menurunkan kecerahannya. Namun saya lebih suka menggunakan kombinasi shutter speed dan ISO karena bisa membuat foto menjadi lebih gelap. Kuncilah ISO di angka tertentu. ISO yang saya gunakan adalah 100. Lihatlah bagian shutter speed. Karena masih otomatis (belum terkunci), maka angka akan berubah secara dinamis. Lihatlah angka yang muncul (misal 1/81), lalu kunci secara manual (1/81). Coba ambil gambarnya. Bila terasa kurang gelap, turunkan angkan shutter speed. Bila terasa terlalu gelap, naikkan shutter speed. Cobalah terus sampai mendapatkan hasil yang sesuai. Sebagai tambahan, coba ubah white balance sesuai selera.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet

Hasil yang saya dapatkan seperti ini. Mungkin memang bukan hasil yang terlalu bagus untuk seorang fotografer profesional. Namun untuk ukuran fotografer Lumia, hasilnya sangat memuaskan. Lumayan buat kontes fotografi mobile yang sering dilombakan di Instagram.

Untuk hasil yang lebih baik, tentu saja kita bisa melakukan editing pada foto dengan aplikasi seperti Lumia Creative Studio atau Adobe Photoshop Express. Kita bisa mengubah beberapa pengaturan seperti kecerahan, ketajaman, dan warna. Hasilnya setelah editing seperti ini.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet
Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet
Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto SiluetGimana? Lumayan kan?

Jika kamu punya tips lain tentang membuat foto siluet di Lumia, silahkan langsung saja bagikan disini.

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia
  • Agil Faisal Rahman

    new comer… kece tipsnya

  • semakin banyak writer baru winpoin yang memberikan artikel bermanfaat :D

  • ad galiih

    Asli gokil
    Bisa buat ngilangin sakit hati krn dicuekin MS..
    Hahaha
    Good tips

  • Azz_Abdr

    foto yg terakhir kayak HDR Gone Wrong banget :p

  • Rahmat Priyadi

    Jos gandos…..wkwkw

  • Sebenarnya gak perlu disunting di Adobe lagi ya sampe jadi setajam itu, benar-benar berlebihan, coba main di Lightroom milik Adobe, bukan Photoshop. Maaf bukan maksud saya menyinggung masalah personal ya :) Adobe sendiri sudah menyediakan cara mudah dan memilih kategori yang pas dengan kantong utk langganan. Klo ada duit lebih dan niat di fotografi, kombinasi filter (filter hanya memainkan warna ya) dari VSCO dan Lightroom bukan bisa jadi kunci sukses gambar kalian. Tetapi, klo tidak punya bisa pakai VSCO mobile ya yang filternya harganya murah :) (tapi filternya beda dengan yang di Desktop wkwk)…segitu saja dgn info saya yang apa adanya dan mgkin kalian gak suka dengan penjelasan saya, silahkan komentar di bawah makasih :)

    • Aji Saputra Raka Siwi

      Jujur saja saya nggak mudeng maksud agan tentang “Duit” dan “Langganan”. Adobe Photoshop Express kan gratis…,

      https://www.microsoft.com/id-id/store/apps/adobe-photoshop-express/9wzdncrfj27n

      • (perbaikan below)

        • Aji Saputra Raka Siwi

          Wah bukan benci gan wkwkwk ane mudeng kok cuma bagian yang bilang “duit” dan “langganan” aja yg ane nggak mudeng. Semua tutorial ini nggak ada yang pake versi bajakan dan sebagainya.

          Untuk masalah editan tekstur atau warna itu ya disesuaikan aja sama selera masing-masing gan. Ini kan juga fotografi mobile gan, jadi ya enjoy aja, dibawa santai. Jarang2 lho pengguna smartphone bisa bikin foto kayak gitu. Berbagi tips aja

          #peace :D

          • Adobe Lightroom ini sepaket dalam Photoshop ketika instalnya gan, tapi untuk memakainya harus bayar langganan per tahun, jadi saya agak kurang enak bahas di kolom komentar karena uang itu masalah sensitif, orang mikir 2x cuma buat hal ginian apalagi yang bukan bidangnya, gak semua orang punya duit cuma utk langganan Lightroom kecuali yang kerja di bidang fotografi seperti fotografer di agensi saya :D

            Iya editan tekstur dan warna itu memang masalah selera. Saya cuma pgn kasih saran ke Admin Aji aja, foto editan-nya saya kurang suka. Tapi gambar aslinya saya suka. Itu tuh, gambar yang berdiri di tepi pantai. kece banget. Mungkin bisa diobrak-abrek warnanya pake filter dari VSCO. Awan dan langit birunya belum nonjok tuh…gambar aslinya aku kasih skor 8 ya ^^b

          • Aji Saputra Raka Siwi

            Sepertinya agan memang fotografer profesional atau orang yang berprofesi sebagai fotografer…, hmmm fotografer memang bukan profesi saya namun saya juga tahu saran agan untuk menggunakan Adobe Lightroom adalah saran yang bagus karena banyak rekan saya yang benar-benar berprofesi sebagai fotografer. Dia menggunakan semua software dengan legal bahkan berani keluar uang besar. Saya yang memang bukan fotografer cuma bisa geleng-geleng kepala namun tetap salut dengan pengorbanan tersebut.

            Untuk yang masalah editan, saya memang tidak memberi fokus lebih pada tekstur dan komposisi, namun lebih ke tips cara membuat foto siluet (yang intinya objeknya hitam membelakangi cahaya). Perpektif saya adalah, semua pembaca di sini mungkin (dan sepertinya memang) masih newbie soal fotografi. Jadi masalah tekstur dan komposisi tentu saja ilmunya masih belum sampai. Memang mungkin artikel saya bisa dibilang “Jelek” bila ditulis di situs yang memang secara khusus mengulas tentang fotografi profesional. Jadi untuk saran Anda yang masalah Lightroom, VSCO, dan “Uang” tadi adalah saran yang bagus namun mungkin terlalu tinggi bila diterapkan disini.

            Mungkin itu saja sih yang ada di pikiran saya. Tenang, tidak akan ada rantai kebencian disini. :D (y)

          • Saya model lebih tepatnya mas :D
            Bukan yang motoin, tapi kadang2 merangkap sbg yg motoin juga :|

          • Aji Saputra Raka Siwi

            Oh iya tambahan aja gan. Ini tips buat fotografer mobile gan khususnya pengguna smartphone Lumia, bukan untuk fotografer profesional. Artikel untuk fotografer profesional itu pasti ada sendiri gan, tapi bukan di sini. Misal di sini saya kasih artikel yang “berat” seperti di belfot.com ya pasti para pembaca banyak yang nggak mudeng, dan juga keterbatasan fitur kamera smartphone.

          • :)

          • Eh maaf juga gan, keyboard saya ada koreksi otomatisnya, omongan saya jadi ngawur nih bentar gue perbaiki dulu.

            “Sebenarnya gak perlu disunting di Adobe Photoshop lagi ya sampe jadi setajam itu, benar-benar berlebihan menurut saya, coba main di Lightroom yang milik Adobe juga, bukan Photoshop. Maaf bukan maksud saya menyinggung masalah personal juga ya :) (uang)… Adobe sendiri sudah menyediakan cara mudah dan memilih kategori yang pas dengan kantong utk langganan (kalo ada duit dan niat di fotografi). Di Lightroom kita benar-benar memainkan aspek eksposur gambar dan kombinasi filter (filter hanya memainkan warna ya) dari VSCO (penyedia filter-filter yang ada di Lightroom, filter-filternya juga dibeli dengan harga 50 dollar-an).

            Kombinasi Lightroom dan VSCO bisa menjadi kunci sukses buat gambar kalian. Tetapi, klo tidak punya uang sebanyak itu bisa pakai VSCO mobile ya (di Android/iOS) yang harga filternya murah :) (tapi kualitas filternya beda dengan yang di Desktop wkwk secara itu aplikasi mobile)…segitu saja dgn info saya yang apa adanya dan mgkin kalian gak suka dengan penjelasan saya, silahkan komentar di bawah makasih :)”

            Itu komentar yang bener gan :|
            Maafkan keyboard saya -_______-“

          • http://winpoin.com/wp-content/uploads/2015/12/Siluet_1.jpg

            Coba main-main sama filter gan, gambarnya menggigit serius :3 keceee

    • Wira

      Lightroom bukannya di desktop ya (bener gak sih)? Jadi editnya di desktop gitu maksud kamu?

  • :|