Kamera Lumia, baik secara hardware maupun software, punya kapabilitas yang bisa dibilang sangat bagus. Namun, tidak sedikit dari kita pula yang hanya menggunakannya untuk sekedar foto-foto bareng bersama teman. Padahal, bila kita tahu beberapa ilmu tentang fotografi, kita bisa membuat foto dengan seni artistik tertentu. (Baca : Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Nokia Camera untuk Fotografi). Salah satunya ada siluet (Inggris : silhouette). Teknik fotografi ini dihasilkan oleh pengaturan kamera, sehingga efek yang dihasilkan adalah murni natural dan bukan hasil rekayasa software.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet

Perlu diketahui, untuk membuat efek siluet dengan menggunakan Lumia, kita harus mengetahui beberapa tekniknya. Pertama, carilah objek yang akan difoto dan objek harus membelakangi sumber cahaya. Kedua, buat nuansa gelap dengan menurunkan kecerahan. Menurunkan kecerahan bisa dengan cara mengunci shutter speed dan menurunkan ISO, atau dengan menurunkan brightness secara langsung, atau mungkin kedua-duanya. Ketiga, adalah memilih white balance sesuai selera (opsional).

Untuk tips ini, saya menggunakan model objek yaitu teman saya sendiri. Software kamera yang saya gunakan adalah Lumia Camera di Lumia 620. Pertama, pastikan objek membelakangi cahaya. Dengan membelakangi sumber cahaya, maka objek akan terlihat hitam. Lalu turunkan kecerahan dengan memainkan shutter speed dan ISO, atau bisa juga dengan langsung menurunkan kecerahannya. Namun saya lebih suka menggunakan kombinasi shutter speed dan ISO karena bisa membuat foto menjadi lebih gelap. Kuncilah ISO di angka tertentu. ISO yang saya gunakan adalah 100. Lihatlah bagian shutter speed. Karena masih otomatis (belum terkunci), maka angka akan berubah secara dinamis. Lihatlah angka yang muncul (misal 1/81), lalu kunci secara manual (1/81). Coba ambil gambarnya. Bila terasa kurang gelap, turunkan angkan shutter speed. Bila terasa terlalu gelap, naikkan shutter speed. Cobalah terus sampai mendapatkan hasil yang sesuai. Sebagai tambahan, coba ubah white balance sesuai selera.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet

Hasil yang saya dapatkan seperti ini. Mungkin memang bukan hasil yang terlalu bagus untuk seorang fotografer profesional. Namun untuk ukuran fotografer Lumia, hasilnya sangat memuaskan. Lumayan buat kontes fotografi mobile yang sering dilombakan di Instagram.

Untuk hasil yang lebih baik, tentu saja kita bisa melakukan editing pada foto dengan aplikasi seperti Lumia Creative Studio atau Adobe Photoshop Express. Kita bisa mengubah beberapa pengaturan seperti kecerahan, ketajaman, dan warna. Hasilnya setelah editing seperti ini.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet
Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Siluet
Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto SiluetGimana? Lumayan kan?

Jika kamu punya tips lain tentang membuat foto siluet di Lumia, silahkan langsung saja bagikan disini.

  Apa itu Black Friday..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.