Home Phone Tips Fotografi Lumia: Mengenal Rich Capture

Tips Fotografi Lumia: Mengenal Rich Capture

Memotret dengan Lumia Camera memang sangat luar biasa hasilnya. Selain kita bisa menggunakan manual control seperti shutter speed, ISO, manual focus, dan lain-lain, kita bisa menggunakan salah satu fitur keren yaitu Rich Capture.

Tips Fotografi Lumia: Mengenal Rich Capture

Rich Capture adalah fitur yang hadir pada Lumia Camera 5 yang didukung oleh beberapa perangkat seperti Lumia 930 dan 1520. Dalam pengaturan kamera, Rich capture disimbolkan dengan magic wand alias tongkat sihir. Rich Capture mampu meningkatkan hasil kamera daripada normal mode. Rich capture menggunakan kombinasi dengan lampu flash, sehingga bisa memberikan pilihan kepada pengguna fitur seperti HDR dan Dynamic Flash.

Mungkin banyak diantara kita yang sudah tahu fitur ini, namun banyak juga yang masih belum tahu bagaimana cara menggunakan rich capture. Oleh karena itu, saya tulis secara ringkas saja tentang rich capture di tulisan ini, sementara tutorial lebih detail akan saya bahas di tulisan lain.

HDR

HDR (High Dynamic Range) adalah serangkaian teknik yang digunakan dalam pencitraan dan fotografi untuk mereproduksi sebuah jangkauan pencahayaan dinamis yang lebih besar dibanding menggunakan teknik fotografis atau pencitraan standar.

Tips Fotografi Lumia: Mengenal Rich Capture

Untuk mengaktifkan fitur ini, kita harus menggunakan Lumia Camera 5 yang ada di beberapa perangkat seperti 930 dan 1520. Nyalakan Rich Capture namun matikan pengaturan lampu flash. Setelah foto diambil, kita bisa menentukan level HDR sesuai keinginan kita.

Dynamic Flash

Dengan dynamic flash, kita bisa memanipulasi Flash sehingga kita bisa menentukan kekuatan flash yang diinginkan. Daripada kita menentukan flash sebelum pengambilan gambar, kita bisa memanipulasi hasil flash.

Tips Fotografi Lumia: Mengenal Rich Capture

Untuk menggunakannya, kita harus mengaktifkan rich capture dan mengaktifkan pengaturan lampu flash. Setelah itu, kita bisa mengedit level kekuatan flash sesuka kita. Pengaturan yang sangat mudah sehingga kita bisa menghasilkan gambar terbaik dengan mudah pula.

Untuk informasi dan tutorial lebih lanjut mengenai HDR dan Dynamic Flash, akan saya bahas di tulisan terpisah.

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia