Home Tutorial Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual Focus

Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual Focus

Kamera adalah salah satu fitur yang banyak dipertimbangkan oleh calon pembeli, khususnya calon pengguna Lumia. Mereka memilih bukan tanpa alasan. Sebab, Lumia memang terkenal dengan kameranya yang bagus, baik secara hardware maupun software. Para pengguna lumia mungkin banyak yang belum tahu, bahwa dengan menggunakan software Lumia Camera, mereka bukan cuma bisa menggunakan Autofocus (AF), namun juga Manual Focus. Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual Focus

Apa itu Manual Focus? Manual Focus adalah sebuah fitur pada kamera di mana pengguna punya memiliki kontrol terhadap penggunaan fokus kamera. Berbeda dengan Autofocus yang fokusnya secara otomatis dikendalikan oleh kamera, Manual Focus dikendalikan oleh pengguna. Sekilas, Autofocus terlihat lebih praktis karena seluruh pengaturan fokus diserahkan ke kamera. Memang, Autofocus lebih praktis untuk mengambil momen yang sederhana seperti selfie, candid, dan lain-lain. Namun bila ingin mengambil gambar seperti makro, bokeh, dan lain lain, maka kita harus menggunakan Manual Focus.

Untuk menggunakan Manual Focus pada Lumia Camera, tekan pengaturan fokus lalu geser untuk mendapatkan fokus yang diinginkan. Bila masih bingung, terdapat tutorial interaktif pada aplikasi. Dalam tutorial tersebut, kita bisa melihat dengan jelas perbedaan Autofocus (fokus otomatis) dengan Manual Focus (fokus manual).

Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual Focus

Setelah memahaminya, saatnya kita mencobanya. Pertama, cari objek yang memiliki perbedaan jarak, sehingga kita bisa membandingkan penggunaan fokus otomatis dengan fokus manual. Saya memilih foreground daun runcing dari cemara sedangkan background sebuah boat. Untuk memusatkan fokus pada daun, hampir tidak mungkin menggunakan Autofocus karena jaraknya terlalu dekat dan objeknya terlalu kecil. Di sinilah Manual Focus berguna. Dengan mengatur fokus paling dekat, kita bisa memfokuskan kamera ke daun-daun runcing tersebut. Kamera fokus pada daun terdekat. Daun yang lebih jauh akan terlihat lebih buram, hingga boat akan terlihat sangat buram. Buram atau blur  disini terjadi secara alami oleh kamera, bukan manipulasi software. Bila kita ubah fokusnya ke infinity, maka objek yang jaraknya jauh seperti boat akan fokus, dan objek yang lebih dekat akan terlihat semakin buram.

Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual FocusTips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual FocusKegunaan lain dari Manual Focus adalah kita bisa lebih mudah dalam mengambil gambar seperti gambar makro, bokeh, dan lain-lain. Untuk tips-tips ini akan kita bahas lain kali. Berikut ini adalah beberapa contoh gambar yang saya ambil menggunakan Manual Focus. Untuk sebuah kamera ponsel, hasilnya lumayan kan?

Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual FocusTips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual FocusTips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual FocusTips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual FocusTips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual Focus
Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual Focus

Apakah kamu sudah mencobanya? Bagaimana hasilnya?

  Perilisan Windows 10 SCU Diundur, Ponsel Gaming Xiaomi, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia