Untuk melakukan pencarian, biasanya kita mengetikkan apa yang akan dicari melalui address bar, dan tentu hasil dari pencarian tersebut akan ditampilkan berdasarkan search engine default yang browser gunakan.

Namun untuk kamu yang misalkan menggunakan dua atau lebih search engine untuk keperluan berbeda, kamu biasanya harus mengetikkan duckduckgo.com > tekan tab dan langsung mengetikkan apa yang dicari disana. Contohnya seperti pada gambar berikut.

Cara tersebut memang tidak salah, namun saya rasa untuk mengetikkan domain search engine terlebih dahulu cukup memakan waktu apalagi jika hal tersebut harus dilakukan berulang kali ketika kita akan melakukan pencarian lagi.

Nah terkait hal tersebut, di versi Google Chrome dan Microsoft Edge Chromium terbaru, kamu bisa memodifikasi search engine tersebut agar dibuka hanya dengan satu huruf saja, misalkan kamu ingin mencari di duckduckgo.com, jika sebelumnya harus mengetikkan domain secara penuh, kini cukup ketik saja d > lalu tekan tab, dan tentu jika dibandingkan dengan opsi default, cara ini lebih cepat dan lebih menghemat waktu pengguna.

Cara Aktifkan Opsi Ini

Nah untuk kamu yang ingin mengaktifkan opsi ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu masuk ke Halaman Settings > Search Engines.

Cara cepatnya silahkan masuk saja ke URL edge://settings/searchEngines, untuk pengguna Google Chrome silahkan disesuaikan.

Langkah 2. Nah pada halaman tersebut, kamu cukup ganti saja Keyword dari Search Engine Favorit kamu, ubah dari (misalkan), bing.com menjadi > b, google.com menjadi > g, dan duckduckgo.com menjadi > d. Tepat seperti pada gambar berikut.

Jika sudah selesai, maka untuk melakukan pencarian dari search engine tersebut, kamu bisa ketikkan saja keyword yang telah kamu tentukan diikuti dengan menekan tombol tab, seperti video demonstrasi dibawah.

Nah dengan diubahnya keyword tersebut, untuk melakukan pencarian dari search engine yang bukan default tentu akan menjadi lebih cepat dan tidak harus lagi melakukan pengetikan domain secara penuh seperti sebelumnya.

Silahkan dicoba guys, semoga bermanfaat.

  Apple Watch Versi Xiaomi! Murah Banget Bos! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.