Home PC Tips Mencari Driver yang Tepat di Windows

Tips Mencari Driver yang Tepat di Windows

Tips Mencari Driver yang Tepat di Windows (1)

Salah satu yang menjadi hal penting agar sistem Windows dapat berjalan dengan lancar adalah driver. Driver memiliki fungsi yang sangat penting yaitu menghubungkan hardware dengan Windows, jadi tanpa adanya driver maka hardware tidak dapat dikenali pada Windows sehingga tidak akan berjalan dengan semestinya. Untuk itu di panduan ini WinPoin akan memberikan beberapa tips tentang cara mencari driver yang tepat di Windows. (Baca juga : Apa itu Driver?)

Dalam hal mendownload software driver, hal pertama yang bisa kamu coba adalah dengan mengecek website vendor hardware terlebih dahulu. Dimana biasanya, website manufactur akan menyediakan software driver sesuai dengan hardware yang kita gunakan.

Namun jika driver tidak tersedia pada website dengan beberapa alasan seperti hardware yang kamu gunakan sudah terlalu jadul, menggunakan Windows x86 yang biasanya website tidak menyediakan driver versi x86 bit, dsb. Maka kamu dapat melakukan tips dibawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mencari Driver yang Tepat Tanpa Bantuan Software

  1. Navigasi ke Device Manager.
  2. Klik kanan pada driver yang ingin kamu update lalu pilih Properties.Tips Mencari Driver yang Tepat di Windows (1)
  3. Navigasi ke tab Details lalu buka menu drop down pada menu Property lalu pilih Hardware Ids.Tips Mencari Driver yang Tepat di Windows (2)
  4. Akan tertampil vendor id dari hardware tersebut, copy lalu paste pada search engine seperti Google.Tips Mencari Driver yang Tepat di Windows (3)

Jika cara diatas tidak berhasil. Maka kamu dapat melakukan alternatif lain yaitu dengan menggunakan generic driver dari Microsoft yang bisa kamu dapatkan melalui Windows Update.

Jika tidak berhasil juga, maka kamu dapat menggunakan software bantuan untuk mencari driver seperti DriverPack Solution, meskipun tidak recommended karena mengharuskan kamu mendownload library driver yang sizenya rata-rata diatas 5GB++.

Jadi intinya, jika kamu ingin mendapatkan driver yang tepat, 4 cara yang bisa kamu lakukan yaitu (diurutkan berdasarkan prioritas).

  1. Cek website manufactur.
  2. Mencari dengan Hardware Ids.
  3. Menggunakan Generic driver Microsoft (via Windows Update).
  4. Menggunakan Software pihak ke-3.

That’s it! Itulah beberapa tips untuk mencari driver yang tepat di Windows. Jika ada pertanyaan silakan langsung saja sampaikan di kolom komentar.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.