Ketika kamu lakukan screenshoot dengan cara menggunakan tombol ‘PrtSc‘ ataupun ‘Fn + PrtSc‘, otomatis gambar tersebut akan tersimpan pada Clipboard dan di-paste ke image editor seperti MS Paint agar gambar tersebut muncul. Tetapi pada OneDrive di Windows 10 ini, kita dapat menyimpan langsung gambar screenshot secara otomatis pada OneDrive Folder.

Nah, kali ini WinPoin akan memberikan tips agar screenshot yang kamu ambil secara otomatis akan tersimpan di OneDrive.

NB : Pastikan sudah Sign-in Microsoft Account kamu ke OneDrive dan Service OneDrive sudah berjalan untuk menjalankan Tips ini.

Pertama klik icon OneDrive yang terdapat pada bagian sebelah kanan taskbar atau bisa juga terdapat pada bagian Hidden Icons, klik kanan lalu klik ‘Settings‘.

otomatisonedrive_2

Setelah jendela settings OneDrive terbuka, navigasilah ke tab ‘Auto Save’ (1) lalu centang pada opsi ‘Automatically save screenshots I capture to OneDrive‘ (2), kemudian klik ‘OK‘ (3) untuk menyimpan konfigurasi.

otomatisonedrive_3

Dengan begitu maka lain kali jika kamu menggunakan tombol ‘PrtSc’ ataupun ‘Fn + PrtSc’, maka screenshot akan otomatis tersimpan di OneDrive dan juga akan muncul pop-up seperti ini.

otomatisonedrive_4

Untuk melihat gambar screenshot tersebut, navigasilah ke folder OneDrive (C:\Users\%userfolder%\OneDrive\Pictures\Screenshots) atau dapat langsung mengakses folder OneDrive dengan klik pada Icon OneDrive pada Explorer.

otomatisonedrive_5

That’s It!

  Hape 10GB RAM Buat Apa..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.