Musik, bukan hanya bermanfaat untuk bersantai, akan tetapi juga merupakan booster yang bagus untuk produktivitas, asalkan kamu tahu kapan semestinya menempatkan jenis musik yang pas untuk jenis pekerjaan kamu. Dalam sebuah artikel untuk New York Times, Amisha Padnani menjelaskan: “Beberapa pekerja yang mendengarkan musik mendapati diri mereka malah kehilangan fokus. Mereka juga memasangkan earbud ke telinga mereka untuk kabur dari lingkungan yang terlalu ribut – atau malah terlalu sunyi”.

Musik dapat membantu kita baik meningkatkan keadaan mental dan mengalihkan kita dari dunia fisik, menyelamatkan kita dari kebosanan, berfokus pada pekerjaan yang sifatnya mendalam, atau hanya mengalihkan kita dari gangguan teman sekerja yang terus mengajak ngobrol. Meskipun demikian, tidak serta merta kita menekan tombol Play dan kemudian menjadi master produktivitas. Beberapa musik bagus untuk jenis pekerjaan tertentu, tapi buruk untuk jenis pekerjaan lainnya.

Di sini saya memisahkan tips menjadi dua tipe pekerjaan: Pekerjaan rutin dan pekerjaan terfokus. Mendengarkan jenis musik yang tepat sesuai dengan jenis pekerjaan kamu akan memberikan efek yang mendalam terhadap produktivitas kamu.

 

Musik terbaik untuk pekerjaan rutin

via Pinterest

Kita semua sering mendapatkan pekerjaan yang rutin dan repetitif. Membalas email dengan template yang kurang lebih sama, entri data, copy paste, semua terasa membosankan. Saat menghadapi tugas rutin seperti ini, musik benar-benar dapat membantu kamu mengatasi keputusasaan!

Hal yang menarik, keuntungan yang diperoleh bukan dalam hal musik meningkatkan kinerja kita, tapi bagaimana musik akan meningkatkan mood kamu. Peneliti di University of Windsor menyebut ini sebagai “Positive mood alteration”. Pada dasarnya, seorang pekerja yang bosan dan mengerjakan jenis tugas rutin terus menerus, akan melambat dan lama kelamaan turun produktivitasnya. Tapi dengan musik up tempo atau upbeat yang tepat, mereka akan memperbarui energinya, dan produktivitas pun akan meningkat. Ini adalah jenis pekerjaan yang tidak terlalu memerlukan kerja keras otak, sehingga dalam kasus ini, musik yang bertempo cepat, ceria, atau lebih keras, tidak akan mengganggu.

 

Musik terbaik untuk pekerjaan terfokus

via infusion furniture

Saat berupaya mengatasi tugas yang lebih sulit, memerlukan konsentrasi lebih mendalam, maka pilihan musik menjadi sangat menentukan. Seringkali dalam situasi ini, keheningan memang adalah yang terbaik. Tapi jika kamu kesulitan berkonsentrasi dalam keadaan yang sunyi, maka beberapa jenis musik dapat membantu. Yang kamu perlukan adalah musik yang tidak memiliki melodi panjang dan variasi akustik. Kamu memerlukan musik ambient yang banyak memiliki pengulangan. Penelitian yang dilakukan Haapakangas et al tentang Lingkungan Akustik, Kinerja, dan Kesejahteraan membuktikan bahwa kamu juga harus menghindari musik yang memiliki lirik, karena ini akan mengaktifkan area linguistik di otak, sehingga mengalihkan perhatian dari tugas yang sedang dikerjakan. Jenis musik yang cocok dengan jenis pekerjaan ini antara lain adalah:

Musik Klasik

Pada tahun 2016, MindLab International mendapati bahwa musik klasik yang tenang secara khusus sangat baik saat kita sedang berupaya memecahkan masalah matematika, serta jenis tugas lain yang memerlukan akurasi tinggi.

Ambient Chillout

Ambient adalah jenis musik santai yang memang ditujukan untuk memfokuskan otak. Tipe musik ini sangat disukai orang-orang yang setiap hari mengerjakan persamaan dan tugas yang memerlukan konsentrasi mendalam. Kamu bisa mengetikkan tipe musik tersebut di layanan musik streaming kamu, misalnya Spotify, untuk mendapatkan pilihan playlist yang bagus.

Soundtrack Video Game

Jika kamu bertanya-tanya, mengapa saat bermain game baik game PC maupun konsol, kita seolah terserap dan terfokus pada game yang sedang dimainkan, ini adalah karena musik pada video game dirancang untuk ‘menghadirkan suasana’ tapi tanpa mengganggu konsentrasi otak. Oleh karena itu, memutar musik video game favorit kamu (jika kamu adalah seorang gamer paruh waktu) akan sangat membantu kamu berkonsentrasi dalam pekerjaan!


Nah, itulah berbagai tipe musik yang dapat dicoba untuk meningkatkan produktivitas kerja kamu. Punya usulan lain? Atau mungkin kamu punya playlist yang ingin dibagikan? Bantu teman-teman lainnya dengan menyumbangkan pendapat di kolom komentar!

  Resiko Beli Nokia 8 di 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.