Windows Insider “Redstone 5” Build 17623 Dirilis, Ada Banyak Fitur Baru!

Bersamaan dengan merilis build “Redstone 4“ ke Insider Fast Ring, Microsoft juga merilis Windows 10 “Redstone 5“

Build 17623 ke insider “Skip Ahead“. Berbeda dengan build “Redstone 4” yang minim fitur baru karena sudah hampir dirilis ke publik, build “Redstone 5“ ini banyak mendapatkan fitur baru. Berikut ini adalah beberapa fitur baru di Windows 10 Insider Build 17623:

Support HEIFF

Sama seperti di Windows 10 “Redstone 4“ Build 17123, aplikasi Photos di build “Redstone 5” ini juga sudah ditambahkan dukungan terhadap foto / gambar dengan format HEIFF (High Efficiency Image File Format).

Bagi kamu yang belum tahu, HEIF adalah image container yang memanfaatkan codec modern seperti HEVC untuk meningkatkan kualitas foto, sekaligus juga mengurangi besar ukuran file nya. HEIF ini memberikan kualitas dan kompresi yang lebih baik daripada JPEG, GIF, dan PNG. HEIF juga mendukung alpha / depth maps, live images & video, audio, dan HDR dengan kontras yang lebih kuat.

Untuk itu Microsoft sudah menambahkan dukungan untuk melihat foto / gambar HEIFF — meskipun masih belum bisa mengeditnya (hanya support view saja, belum support edit HEIFF)

Agar bisa menikmatinya, aplikasi Photos kamu harus di versi 2018.18022.13740.0 atau yang lebih baru.

Safe Remove GPU Eksternal

Windows 10 Redstone 5 memiliki dukungan yang lebih baik lagi untuk GPU eksternal. Di build ini telah ditambahkan fitur “Safe Remove” GPU Eksternal yang terhubung melalui Thunderbolt 3. Secara experience, Safe Remove GPU ini sama seperti Safe Remove Flashdisk di Windows saat ini. Jadi dengan adanya fitur ini, kamu bisa tahu aplikasi dan game apa saja yang masih berjalan dengan GPU eksternal, sehingga kamu bisa menutup aplikasi tersebut agar tidak ada data yang corrupt saat kamu melepas GPU eksternal.

Layout Setting Privasi Baru

Windows Insider “Redstone 5” Build 17623 Dirilis, Ada Banyak Fitur Baru!

Tampilan setting privasi diperbarui agar pengguna Windows 10 lebih mudah dalam mengatur privasi Windows. Selain itu juga ditambahkan dua setting privasi baru yaitu Iniing & Typing, serta Find my device.

Peningkatan Windows Defender Application Guard (WDAG)

Windows Defender Application Guard (WDAG) mendapatkan cukup banyak perombakan di Redstone 5. Di build ini performa WDAG sudah ditingkatkan, serta sudah bisa download file dari WDAG ke host.

Windows Insider “Redstone 5” Build 17623 Dirilis, Ada Banyak Fitur Baru!

Download file melalui WDAG ini tidak aktif secara default, kamu harus mengaktifkannya secara manual melalui Local Group Policy Editor.

  1. Caranya jalankan Run > ketik gpedit.msc > Enter
  2. Setelah itu buka Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Application Guard
  3. Pada bagian Select Allow files to download and save to the host operating system from Windows Defender Application Guard
  4. Pilih Enabled dan Apply
  5. File yang kamu download dari WDAG bakal tersimpan di folder Downloads > Untrusted files

Link dari Windows Mail Terbuka di Edge

Hal ini agak menjemukan, karena apapun browser yang kamu jadikan sebagai browser default, link dari aplikasi Mail yang kamu klik bakal otomatis terbuka di Edge. Hal ini karena menurut Microsoft, Edge adalah browser terbaik dan paling aman untuk Windows 10 saat ini. Silakan sampaika di kolom komentar

Selain fitur tersebut, tentunya ada banyak juga perbaikan yang ditanamkan berdasarkan bug dari Build sebelumnya — termasuk permasalahan rusak dan hilangnya Store setelah upgrade ke build ini.

Bagi kamu member insider yang berada di Skip Ahead dan ingin mencicipi Redstone 5 — silakan install build terbaru ini langsung dari Windows Update.

Sudah mencoba? Bagikan pengalaman kamu disini.

via microsoft

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.