Windows 10 Insider Build 17123 Dirilis ke Fast Ring, Apa yang Baru?

Microsoft baru saja merilis Windows 10 Insider Preview Build 17123 ke member insider Fast Ring. Lalu apa saja yang baru di versi preview teranyar dari Windows 10 Spring Creators Update ini? Berikut ulasan lengkap WinPoin. (Baca juga: Daftar Fitur Baru Windows 10 Spring Creators Update)

Support HEIF di Photos Windows 10

Aplikasi Photos Windows 10 sekarang mendukung format HEIF (High Efficiency Image File Format). Bagi kamu yang belum tahu, HEIF adalah image container yang memanfaatkan codec modern seperti HEVC untuk meningkatkan kualitas foto, sekaligus juga mengurangi besar ukuran file nya. HEIF ini memberikan kualitas dan kompresi yang lebih baik daripada JPEG, GIF, dan PNG. HEIF juga mendukung alpha / depth maps, live images & video, audio, dan HDR dengan kontras yang lebih kuat.

Untuk itu Microsoft sudah menambahkan dukungan untuk melihat foto / gambar HEIFF — meskipun masih belum bisa mengeditnya (hanya support view saja, belum support edit HEIFF)

Agar bisa menikmatinya, Windows 10 Insider kamu harus berada di Build 17123, dan aplikasi Photos kamu harus di versi 2018.18022.13740.0 atau yang lebih baru. Dengan kombinasi keduanya, kamu tidak hanya bisa melihat foto dan gambar HEIFF, tetapi di file explorer pun thumbnailnya bisa langsung tampil layaknya format JPEG, PNG, dsb.

Perbaikan

Selain dukungan terhadap format HEIFF, tidak ada fitur baru lain yang ditambahkan. Tetapi ada cukup banyak perbaikan seperti diperbaikinya masalah crash Movies & TV — serta masalah render di video 360 saat dinikmati dengan Mixed Reality.

Berbagai masalah GSOD dan error juga sudah diperbaiki, termasuk masalah di Dolby Access app.

Karena sudah semakin dekat dengan perilisan Windows 10 Spring Creators Update, tentu build selanjutnya juga tidak akan banyak mendapatkan fitur baru. Semua fitur utama seperti Timeline misalnya, sudah ditanamkan — dan Microsoft kini sudah semakin fokus ke perbaikan bugs menuju perilisan resminya. (Baca: Windows 10 Spring Creators Update Rilis Bulan April)

Sudahkah kamu mencoba build Windows 10 Insider terbaru ini? Bagikan pengalaman kamu disini.

via microsoft

  Resiko Beli Nokia 8 di 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.