Tutorial Custom Sound

Beberapa saat yang lalu seorang teman menanyakan kepada saya di mana tempat download ringtone yang “lucu” seperti milik saya [Info: Saya punya aneka tone mulai dari “Mikuru Beam”-nya Mikuru, “Onii~chan daisuki”-nya Mitsuki, “Nico Nico Nii”-nya Niko~chan sampai desahan “Nii~Nii” ala Shiro]. Tentu saja bakal susah mencarinya, karena sound tersebut saya buat sendiri dengan ‘memotong’ dari anime bersangkutan. Mungkin banyak yang sudah tahu trik ini. Tapi karena saya ingin mengikuti nasehat Abunawas: “Yang belum tahu harap bertanya kepada yang tahu, dan yang tahu memberi tahu kepada yang belum tahu..” maka akhirnya saya memutuskan untuk membaut tutorial tentang bagaimana caranya membuat custom sound untuk ringtone, SMS, dan Alarm Windows Phone.

 

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Terlebih dahulu kamu perlu menyiapkan berbagai ‘bahan’ yang diperlukan. Bahan fisiknya tentu saja berupa PC, kabel data dan ponsel Lumia (ya iyalah) milik kamu. Sedangkan barang yang bersifat software, kamu perlu mengunduh dan install aplikasi video converter atau sound converter serta aplikasi Windows Phone for PC.

Tutorial Custom Sound

Yang saya rekomendasikan di sini adalah iwisoft free video converter. Selain gratis, aplikasi ini sangat powerful. Jarang mengecewakan saya untuk ketepatan pemotongan dan kualitas suara. Sekedar info, ketepatan pemotongan memainkan peranan penting di sini, karena ada kemungkinan kamu hanya ingin merekam suara dalam rentang 2 atau 3 detik dari film favorit atau anime kesayangan, dan beberapa aplikasi video converter sering meleset dalam ‘memotong’. Kualitas suara juga dapat diatur di iwisoft. Pastikan kamu menggunakan penyetelan maksimal.

Kamu bisa mengunduh iwisoft di sini.

Tutorial Custom Sound

Windows Phone for PC adalah syarat berikutnya. Aplikasi ini berfungsi seperti iTunes. Kamu bisa menyelaraskan foto, video, podcast, dan ringtone dengan memanfaatkan aplikasi ini. Untuk menggunakannya,  ponsel harus dihubungkan dengan PC memanfaatkan kabel data.

Aplikasi Windows Phone for PC dapat diunduh di sini.

 

2. Berkreasi Membuat Custom Sound

Tutorial Custom Sound

Nah, tibalah saat yang menentukan, yaitu berkreasi membuat custom sound. Bagaimana memanfaatkan iwisoft dalam hal ini? Untuk memulai, tambahkan media favorit kamu, baik berupa audio atau video dengan menekan tombol “Add”. Jika kamu ingin melakukan pemotongan di bagian tertentu, klik “Edit”. Maka iwisoft akan menampilkan jendela tambahan yang memungkinkan kamu mengedit media tadi dan mendapatkan audio yang diinginkan. Cara melakukan pemotongan adalah menekan tombol [ untuk mulai memotong segmen yang kamu inginkan, dan tombol ] untuk menutup segmen.

Jangan lupa, audio harus kamu ubah ke format .wav atau .mp3, karena dua format inilah yang dapat digunakan untuk SMS, Ringtone, dan Alarm di Windows Phone.

 

3. Memasukkannya ke Windows Phone

Tutorial Custom Sound

Setelah kamu berhasil mendapatkan file potongan audio yang ingin kamu jadikan custom sound untuk SMS, ringtone, dan Alarm, kopas ke bagian My Documents/Music di PC kamu. Ini karena Aplikasi Windows Phone hanya akan membaca audio yang terdapat di situ.

Setelah ponsel terkoneksi dengan PC, yang menjadikan Windows Phone app menampilkan nama ponsel serta informasi ponsel kamu, maka kamu cukup mencentang kolom “Sync Music”, kemudian menekan tombol “ringtones”. Windows Phone app akan menampilkan informasi ringtone yang siap untuk disalin dari folder Music di PC kamu. Kamu tinggal mencentang file yang kamu inginkan dan kemudian menekan tombol “Add” untuk menambahkannya ke ponsel.

 

4. Memanfaatkan Untuk Berbagai Keperluan

Tutorial Custom SoundTutorial Custom Sound

Nah, audio yang sudah kamu tambahkan ke ponsel tadi akan muncul di database ringtone yang dapat kamu lihat dengan mengetuk setting > ringtones+sounds. Sekarang kamu bebas memanfaatkannya baik untuk ringtone aplikasi tertentu di Windows Phone seperti Facebook, Line, WhatsApp, BBM, dan sebagainya atau kamu juga bisa memanfaatkannya untuk alarm. Ya, aplikasi Alarm default di Windows Phone mengambil audio alarm dari database ini juga.

 

Bonus: Cara Praktis untuk Kamu yang Malas

Tutorial Custom SoundTutorial Custom Sound

Untuk kamu yang malas tapi ingin mendapatkan custom sound yang unik, jangan khawatir! Kamu bisa mendapatkannya dengan memanfaatkan aplikasi ringtone downloader. Yang saya sarankan di sini adalah  Zedge Ringtones & Wallpaper. Aplikasi ini berbasis di www.zedge.net dan memiliki koleksi ringtone unik yang melimpah. Selain itu juga rajin update. Jadi jika bosan, kamu bisa mencari sound yang unik melalui aplikasi ini.

Download Zedge di sini.

 

Nah, demikianlah cara membuat custom sound untuk ringtone, SMS, dan alarm Windows Phone. Kamu ada tips tambahan? Ataukah ada preferensi aplikasi lain yang bisa ditambahkan? Silakan berbagi di kolom komentar!

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.