Hari Minggu kemarin, Chrome merayakan ulang tahunnya yang kesepuluh. Sebagai bagian dari perayaannya, kemarin Google merilis versi 69 dari browser Chrome yang diklaim sebagai salah satu versi paling kaya fitur dalam beberapa tahun belakangan ini.

Dengan versi 69 ini, Google bergabung dengan Mozilla dan Microsoft sebagai produsen browser yang tahun ini merancang ulang browsernya. Sekedar mengingatkan, beberapa waktu yang lalu Mozilla juga melakukan pembaruan besar terhadap browser Firefox andalannya dengan rilis Aurora dan Quantum. Sementara Microsoft, meskipun bukan baru saja, juga merilis Edge yang merupakan perubahan besar terhadap Internet Explorer.

Apa saja yang baru dari Chrome? Google menyatakan bahwa UI baru ini akan lebih cocok dengan perangkat seluler. Di bagian Search bar, ada sedikit perubahan yang mana akan ada Omnibox (kotak kecil yang muncul di bawah search bar) yang akan langsung ‘memberikan jawaban terhadap pencarian’. Ini disebut Google sebagai rich result (pengayaan pencarian). Dari sini kamu bisa dengan cepat mendapatkan informasi mengenai cuaca, kalkulator, atau skor pertandingan olahraga.

Selain itu ada akses yang lebih baik untuk shortcut. Kamu bisa mengelolanya dari halaman New Tab. Ada juga perubahan keamanan yang menjamin keamanan lebih baik untuk kamu saat menggunakan Google Chrome. Dengan versi ini, kamu akan mendapatkan saran password yang kuat ketika akan membuat password bagi informasi login kamu.

Selain itu, beberapa fitur baru Google juga terintegrasi dengan lebih baik di browser ini. Misalnya mode Picture in Picture dan notifikasi untuk desktop Windows 10.

Apakah kamu antusias dengan perubahan Chrome ini? Bagaimana pengalaman kamu saat menggunakannya? Tuangkan pendapat kamu di kolom komentar!

 

Sumber: Digitaltrends, ZDNet

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.