Kamu mungkin sempat membaca di artikel Winpoin bahwa sebagai upaya promosi, Microsoft memberikan upgrade gratis kepada perangkat-perangkat lama yang memiliki lisensi resmi Microsoft, hingga 16 Januari 2018 (setelah sebelumnya dikatakan berakhir di akhir 2016 – dan diperpanjang hingga akhir 2017). Faktanya, setelah saya agak khawatir tidak mendapatkan upgrade resmi, mengingat Surface Pro 3 milik saya dibeli dalam keadaan terinstal OS Windows 8.1, saya berusaha untuk bergabung ke ‘kapal’ Windows 10 yang tentu saja memiliki jaminan support lebih panjang. Mengesalkan (karena saya merasa dibohongi dengan batas tanggal untuk upgrade windows 10) sekaligus menyenangkan: Ternyata hari ini, per tanggal 16 Maret 2018, saya masih mendapatkan upgrade gratis ke Windows 10!

 

Bagaimana caranya?

Karena memang dari Update sudah tidak ada penawaran untuk upgrade gratis ke Windows 10, maka saya menggunakan ‘jalur’ Media Creation Tool. Terlebih dahulu kamu harus memastikan bahwa perangkat kamu memiliki lisensi asli / genuine, karena menurut beberapa diskusi yang saya cermati online, tidak memiliki lisensi asli akan menimbulkan masalah setelah penginstalan Windows 10.

Setelah itu, kamu bisa download Media Creation Tool di sini. Klik Download tool now untuk mendapatkan Media Creation Tool. Kamu bisa memilih untuk menyimpan file ISO untuk memudahkan penginstalan, atau jika kamu memiliki koneksi yang kuat dan stabil, kamu bisa langsung download dan upgrade.

Ternyata, jalur ini masih berlaku! Setelah melalui proses download dan install, akhirnya saya mendapatkan Windows 10 untuk Surface Pro 3 milik saya!

Jangan lupa setelah proses setup selesai, download semua aplikasi kamu, dan periksa apakah masih ada update. Seharusnya masih ada update untuk Windows Defender dan aneka driver terbaru untuk perangkat kamu!

Jangan lupa juga melakukan 7 hal yang disarankan Winpoin setelah upgrade ke Windows 10!

Nah, setelah prosedur selesai, maka kamu akan dapat menikmati Windows 10 secara resmi dan GRATIS!

 

Tidak ada ruginya mencoba!

Mengingat masa support yang semakin tipis untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1, jika perangkatmu memenuhi syarat, saya sarankan untuk dinaikkan saja ke Windows 10. Selain mendapatkan dukungan yang lebih panjang, tentu saja kamu bisa menikmati aplikasi-aplikasi terbaru yang tidak bisa dinikmati pada versi Windows sebelumnya.

Punya pendapat yang berbeda? Tuangkan wawasanmu di kolom komentar untuk bahan pertimbangan teman-teman lainnya.

  Akhir dari Notch di Android..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.