Baru-baru ini, USB Implementers Forum (USB-IF), kelompok yang meneliti standar USB, mengumumkan sebuah protokol baru, yaitu USB4. Sistem protokol baru ini diklaim mampu melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 40 Gbps! Ini adalah empat kali lebih cepat dari kapasitas transfer USB 3.1, protokol USB terbaru yang digunakan saat ini.

Lebih istimewa lagi, protokol USB4 akan mendukung charging dengan transfer daya hingga 100 watt. Protokol ini juga mampu menjalankan dua layar 4K pada 60Hz (atau satu layar monitor 5K). Merasa bahwa semua port USB kamu kedaluwarsa? Jangan khawatir! Protokol ini juga kompatibel ke belakang dengan protokol USB 3.2, USB 2.0, dan juga Thunderbolt 3.

Hal unik lain, jika sebelumnya kode penamaan protokol USB selalu menyertakan dua digit angka (USB 2.0, USB 3.0, dan sebagainya), maka kini sistem protokol ini hanya akan disebut sebagai USB4!

Ya, USB-IF memutuskan untuk mengganti sistem penamaan generasi USB ini agar tidak lagi membingungkan. Mudah mengingat kategori USB tersebut jika kamu hanya menyebutnya sebagai USB4 saja bukan?

Lalu kapan protokol yang menarik ini bisa kita nikmati sepenuhnya? USB-IF menyatakan bahwa standar baru ini akan mulai diterbitkan di pertengahan tahun 2019 nanti. Jadi, kita baru akan menikmati perangkat yang kompatibel dengan USB4 tahun depan.

Seperti biasa, mungkin protokol ini belum akan populer mengingat ketika USB 3.0 diperkenalkan, butuh waktu sekitar dua tahun untuk menjadikannya standar yang benar-benar diterima oleh masyarakat secara luas. Tidak mengherankan kalau nantinya perangkat yang memanfaatkan protokol USB4 baru akan populer tahun 2021 nanti. Ini karena manufaktur butuh waktu untuk mengadopsi sistem baru, dan tentu saja pengguna yang memanfaatkan sistem ini tidak akan serta merta mempopulerkannya mengingat tidak setiap tahun semua orang berganti PC atau laptop.

 

Sumber: TheNextWeb

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.