Cara Cek Meltdown dan Spectre, PC Sudah Kebal atau Belum?

Kurang lebih setahun yang lalu, dunia dihebohkan oleh bug CPU Meltdown dan Spectre yang memungkinkan hacker untuk memanfaatkan bug ini guna menciptakan backdoor yang nantinya bisa digunakan untuk mencuri data pengguna. Sebenarnya Microsoft bekerja sama dengan para produsen processor telah membuat patch yang bisa mencegah hacker memanfaatkan bug ini. Namun ada efek sampingnya. Patch Meltdown dan Spectre ditengarai menjadikan PC/laptop lebih lemot. Namun daripada mengalami kecurian data atau pembobolan privasi, maka mau tak mau pengguna memilih opsi ini. Namun jika kamu menggunakan OS Windows 10 dengan October 2018 Update, sepertinya kamu tidak perlu lagi cemas, karena build ini mendapatkan perbaikan patch Spectre yang akan lebih lengkap, lebih ringan, dan justru mempercepat PC atau laptop!

Peningkatan ini memiliki kode Retpoline, akan disisipkan pada update Windows 10 selanjutnya. Jika diimplementasikan pada Windows, maka sistem OS Windows dapat melindungi perangkat dari serangan Spectre tanpa mengurangi kinerja.

Rumor sebelum ini menyebutkan bahwa percepatan OS yang berkaitan dengan perbaikan Spectre akan tiba bersamaan dengan Windows 10 April 2019 Update yang juga disebut dengan kode 19H1. Namun kelihatannya Microsoft lebih cepat menyertakan fitur ini bagi PC yang menjalankan Windows 10 October 2018 Update.

Perubahan ini akan hadir bersama Windows update dengan kode file KB4482887 yang akan dirilis pada awal Maret ini. Hal ini dijelaskan dalam postingan Microsoft mengenai Retpoline:

Selama beberapa bulan ke depan, kami akan memberikan Retpoline sebagai bagian dari update yang digulirkan melalui Cloud. Karena kompleksitas implementasi dan perubahan terkait hal ini, maka kami hanya akan menyisipkan Retpoline pada Windows 10 versi 1809 dan sesudahnya

Dengan kata lain, Microsoft akan perlahan-lahan menjadikan Retpoline tersedia bagi beberapa PC saja, yaitu yang menjalankan Windows 10 October 2018 Update.

PC juga akan mendapatkan peningkatan tambahan saat melakukan upgrade ke April 2019 Update nantinya, sebagaimana dikabarkan oleh Mehmet Iyigun dari Microsoft.

Jadi, jika saat ini kamu menjalankan Windows 10 versi sebelumnya, maka ada baiknya jika kamu upgrade ke October 2018 Update, sehingga nantinya kamu akan dapat memperoleh upgrade yang mendukung performa PC atau laptop milikmu.

 

 

Sumber: HowtoGeek

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.