Home Editorial Benarkah Patch Meltdown Bikin PC / Laptop Jadi Lemot?

Benarkah Patch Meltdown Bikin PC / Laptop Jadi Lemot?

Sempat beredar kabar bahwa patch Meltdown bakal menurunkan penurunan PC hingga 30%, apakah kabar tersebut benar?

Cara Menghentikan Aplikasi ‘Sampah’ Terinstall Otomatis di Windows 10

Meltdown dan Spectre memang masih menjadi headline di ranah teknologi. Tidak mengherankan karena bug prosesor ini sangat berbahaya dan memungkinkan attacker mencuri berbagai data penting yang disimpan oleh aplikasi di memory. Microsoft gerak cepat dengan merilis patch Meltdown bagi Windows 10 — dan segera merilisnya juga untuk Windows 7 / 8 melalui Patch Tuesday selasa nanti. (Baca:  Download Patch Meltdown dan Spectre untuk Windows 10 )

Tapi ada satu pertanyaan yang banyak dilontarkan sehubungan dengan Patch Meltdown ini: benarkah patch Meltdown bikin PC / Laptop jadil lemot?

Pertanyaan ini banyak muncul karena sebelumnya ada kabar yang menyatakan bahwa patch Meltdown bakal menurunkan performa PC / Laptop hingga 30%! Tetapi apakah kabar tersebut benar?

Dari berbagai macam hasil benchmark yang WinPoin perhatikan, memang ada penurunan performa di hampir semua sudut, hanya saja penurunan performa ini ternyata tidak sebesar yang diduga sebelumnya. Penurunan performa di berbagai benchmark rata-rata berada di angka 1% – 3% untuk setiap pengujian. Jadi meskipun ada penurunan performa, perbedaan ini tentu tidak begitu terasa dalam pemakaian harian.

Tetapi tentu setiap konfigurasi hardware bakal memiliki hasil benchmark yang beragam, kamu bisa melakukan benchmark sendiri jika ingin mengetahui secara pasti seberapa besar penurunan performa di PC / laptop milikmu. Beberapa hasil benchmark sebelum dan sesudah install patch Meltdown di Windows 10 bisa kamu lihat disini dan disini.

WinPoin sendiri tidak merasakan ada penurunan performa yang nyata dalam penggunaan sehari-hari. Tetapi efek penurunan performa mungkin lebih terasa di ranah server dan datacenter.

Apakah PC / laptop kamu jadi lebih lemot setelah install patch Meltdown?

Bagi kamu yang sudah menginstall patch Meltdown di Windows 10, silakan bagikan pengalaman kamu di kolom komentar.

  Headline: iPhone Dual SIM, macOS Dark Mode, iOS 12, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.