Sebagai pengguna VirtualBox, kadang ada sejumlah masalah yang saya temukan, salah satunya seperti Error (0x80004005) di VirtualBox dan yang baru baru ini terjadi adalah VirtuaBox malah membuat Windows 10 yang saya gunakan menjadi bluescreen.

Bluescreen ini terjadi ketika Virtual Machine saya buka di VirtualBox, entah itu VM Windows 10 atau Windows 11. Nah jika kamu kebetulan mendapati hal yang sama juga, berikut saya rangkum langkah apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Cek Apakah Hyper-V Dalam Keadaan Aktif

Terkadang VirtualBox dan VMWare suka konflik dengan Hyper-V yang ada di Windows 10, silahkan kamu buka Turn Windows features on or off > kemudian silahkan pastikan Hyper-V dalam keadaan Nonaktif.

Cek HyperVisorLaunchType, Pastikan Dalam Keadaan Off

Untuk mengeceknya, kamu bisa buka Command Prompt as Administrator, kemudian silahkan kamu masukkan perintah berikut :

bcdedit /set hypervisorlaunchtype off

Nah jika kedua hal tersebut sudah kamu cek, dan sudah dalam keadaan Off, sekarang hal terakhir yang dapat kamu lakukan adalah merestart Windows 10 yang kamu gunakan.

Dalam kasus saya, ternyata HyperVisorLaunchType dalam keadaan Auto, dimana dengan itu setelah saya nonaktifkan atau set ke Off, maka Blue Screen tidak lagi terjadi dan Virtual Machine dapat berjalan dengan normal tanpa ada masalah.

Nah silahkan dicoba guys, semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.