Home Editorial Buruan! Pendaftaran Microsoft Student Partner 2017 Sudah Dibuka

Buruan! Pendaftaran Microsoft Student Partner 2017 Sudah Dibuka

Buruan! Pendaftaran Microsoft Student Partner 2017 Sudah Dibuka

Sadar atau tidak, selama ini kita sering menggunakan produk-produk Microsoft. Mulai dari Windows. Office, bahkan mungkin Azure. Sebagai pengguna sekaligus penggemar produk Microsoft, tentu saja kita ingin bisa lebih, seperti membuat aplikasi Windows hingga olah database di SQL Server. Tidak salah memang bila kita hanya menjadi pengguna, namun apakah kita bisa menjadi lebih baik? Jawabannya bisa.

Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan bergabung dengan program Microsoft Student Partner. Dengan program ini, kita bukan cuma sebagai pengguna produk produk Microsoft, tapi juga bisa belajar menjadi developer produk Microsoft seperti Windows, Windows Phone, dan HoloLens, mendapatkan pelatihan tentang teknologi Microsoft, mendapatkan sertifikasi, dan masih banyak lagi. Untuk lebih detailnya, akan saya jabarkan satu per satu.

Apa itu Microsoft Student Partner (MSP)?

Microsoft Student Partner adalah program yang diadakan Microsoft berskala global  untuk mendedikasikan diri dalam bidang edukasi dengan cara bekerja sama dengan kalangan mahasiswa. Mahasiswa yang terpilih biasanya disebut Mahasiswa MSP. Singkatnya, Microsoft Student Partner atau MSP ini adalah kerjasama antara Microsoft dengan anak-anak terpilih alias Mahasiswa MSP. Program ini sudah ada di ratusan negara dan diikuti oleh ribuan mahasiswa di seluruh dunia, dan beruntunglah, Indonesia adalah salah satunya.

Mengapa Harus Bergabung Dengan MSP?

Ada banyak sekali keuntungan selama menjadi Mahasiswa MSP diantaranya:

1. Resource dan tool gratis dari Microsoft

Siapa yang sering pakai Windows dan Office? Pasti banyak. Kalo pertanyaannya, siapa yang pakai Windows dan Office Original? Jawabannya ya “You know” lah wkwkwk. Salah satu keuntungan gabung MSP adalah mendapatkan banyak sekali software dari Microsoft. Mulai dari Windows, Office, Visual Studio, hingga Azure. Semuanya gratis. Sehingga, mahasiswa MSP tidak perlu lagi membeli produk-produk Microsoft karena semua sudah disediakan oleh Microsoft.

2. Relasi dan network baru dengan Microsoft dan teman baru yang satu passion (dan satu hati, kalo beruntung)

Gabung ke MSP juga bisa kenal banyak orang-orang Microsoft. Jika kita sudah dikenal oleh mereka sebagai orang yang “hebat”, maka mungkin saja Microsoft tidak akan segan-segan untuk merekrut MSP yang punya potensi besar untuk bergabung ke Microsoft. Selain itu, kita juga akan punya banyak teman baru yang satu passion, sama-sama geek dan penggemar produk Microsoft. Kalo beruntung, kamu bisa nemu jodoh juga di sini hehehe…..

3. Perwakilan kampus

Dengan menjadi mahasiswa MSP, secara khusus kita akan menjadi representatif alias wakil Microsoft di kampus kita, atau di region kita pada umumnya. Banyak manfaatnya menjadi perwakilan kampus, salah satunya tentu saja punya lebih banyak koneksi ke dosen-dosen di kampus kita. Selain itu, kita juga akan mendapatkan kepercayaan dari pihak kampus untuk menjadi pembicara atau pemateri bila suatu saat akan ada event yang berhubungan dengan IT.

4. Training gratis

Selain software gratis dan ketemu orang-orang baru, kita juga biasanya akan ada training eksklusif untuk semua MSP di seluruh Indonesia. Ada juga beberapa training yang bisa dilakukan oleh semua kalangan, namun biasanya mahasiswa MSP bisa mengikuti training tersebut dengan harga diskon, alias gratis hehehehee.

5. Hardskill dan Softskill

Menjadi mahasiswa MSP memang ada banyak sekali manfaatnya, namun kita juga harus dituntut untuk belajar, menjelajahi, dan membagi ilmu tentang produk Microsoft kita ke teman-teman yang lain. Dalam beberapa waktu tertentu, biasanya tiap region akan mengadakan event seperti MSP Spark. Dengan demikian, kita juga tidak hanya akan belajar tentang isi materi secara teknis, namun juga softskill seperti berbicara di depan umum, manajemen waktu, dan lain sebagainya.

MSP banyak sekali melakukan kegiatan-kegiatan seperti yang dikutip dari situs Microsoft Student Partner seperti berikut ini:

  1. Menjalankan kegiatan pelatihan dan hackathon
  2. Membuat game dan aplikasi
  3. Mengadakan acara teknologi dan memberikan demo di kampus
  4. Memimpin diskusi di klub teknologi dan komunitas pengguna teknologi
  5. Membangun jaringan global mereka dengan para ahli industri
  6. Bergabung dengan acara pelatihan eksklusif Microsoft untuk mempelajari teknologi dan layanan terbaru
  7. Meningkatkan keahlian dan kesempatan karir mereka
  8. Dapatkan pekerjaan yang menakjubkan

6. Sertifikasi

Di waktu-waktu tertentu, kita bisa mendapatkan voucher khusus MSP untuk mendapatkan kesempatan mengikuti tes tertentu dan bila kita kita lulus, akan mendapatkan sertifikat. Tes ini juga sebenarnya bisa diikuti secara umum, namun MSP akan mendapatkan potongan harga, bahkan gratis. Setelah kita lulus, kita juga akan mendapatkan sertifikat Microsoft Student Partner. Sertifikat juga bisa digunakan untuk menambah prestasi dan menyemarakkan isi CV kita.  Lumayan kan?

Bagaimana Cara Daftar MSP?

Pendaftaran MSP di tahun 2017 ini sudah dibuka hingga 15 April 2017. Ayo segera daftarkan dirimu. Untuk mendaftar ke program Microsoft Student Partner, ada beberapa persyaratan umum, diantaranya:

  1. Memiliki semangat untuk belajar, berkarya, dan berbagi ilmu tentang produk-produk Microsoft.
  2. Mahasiswa aktif
  3. Berdedikasi

Pendaftaran Microsoft Student Partner 2017 Sudah Dibuka

Yang bukan dari jurusan IT,tetap bisa mendaftar program ini. Jurusan tidak ada hubungannya dengan persyaratan ini selama kita tetap bisa belajar dan berbagi tentang produk-produk Microsoft.

Untuk mendaftar program ini, klik tautan dibawah ini

[Microsoft Student Partner] Pendaftaran Kembali Dibuka

Bagaimana? Apa kamu tertarik mengikutinya?

  Video: 3 Cara Download File ISO Windows 10 Terbaru  

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia