Siapa disini pembaca WinPoin yang menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC?, jika ada, kamu wajib tahu bahwa versi terbaru Windows 10 Enterprise LTSC akan dirilis akhir tahun ini dan bisa saja bertepatan dengan waktu yang sama dengan perilisan Windows 11 dan Windows 10 21H2.

“Today we are announcing that the next version of Windows 10 Enterprise LTSC and Windows 10 IoT Enterprise LTSC will be released in the second half (H2) of calendar year 2021” Tulis Microoft dalam halaman resmi Tech Community nya.

Mengenai versi terbaru Windows 10 LTSC ini, ada sejumlah hal yang perlu kamu tahu, yang mana itu diantaranya adalah:

Masa Hidup Hanya 5 Tahun

Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, mulai tahun ini, Microsoft merilis Kebijakan Baru dimana Microsoft hanya akan mendukung Windows 10 LTSC selama 5 tahun saja, berbeda dengan sebelumnya dimana masa dukungan update adalah 10 tahun.

Jika sebelumnya dalam 10 tahun tersebut pengguna Windows 10 LTSC akan mendapatkan 5 tahun Mainstream support, dan 5 tahun Extended Support, kini jika hanya lima tahun, maka masing masing baik Mainstream atau Extended hanya mendapatkan masa dukungan selama 2.5 tahun saja.

Untuk pengguna biasa mungkin memang bukanlah sebuah masalah, namun untuk perangkat kelas Enterprise yang tidak terlalu membutuhkan fitur baru dan lebih membutuhkan kestabilan, jelas 5 tahun tersebut terasa cukup singkat.

Upgrade

Sama seperti proses upgrade Windows 10 LTSB 2016 ke Windows 10 LTSC 2019, proses upgrade dari versi Windows LTSC terdahulu masih dimungkinkan dan masih mudah, bahkan dengan in place upgrade pun harusnya tidak ada masalah.

Namun bagaimanapun perlu kamu tahu, jika saat ini kamu menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC 2019 dan melakukan upgrade ke versi LTSC tahun ini, maka kamu hanya akan mendapatkan dukungan update lima tahun saja.

Fitur

Meskipun tentu fitur yang dihadirkan tidak akan sebanyak versi Windows 10 Home atau Pro yang memang diluncurkan dengan banyak fitur termasuk UWP dan lainnya, di Windows 10 LTSC Terbaru, tentu nanti akan ada sejumlah fitur baru, meski memang tidak jelas fitur apakah itu, namun banyak rumor mengatakan semua fitur yang hadir di Windows 10 2004 akan hadir juga di versi LTSC terbaru ini.

Nah meskipun begitu, informasi mengenai fitur, system requirements dan tanggal rilis bagaimanapun masih belum jelas dan masih belum ada informasi resmi dari Microsoft, Lalu haruskan kamu upgrade jika versi ini dirilis?

Tergantung, jika kamu masih nyaman menggunakan Windows 10 LTSC saat ini, dan kamu nyaman dengan itu, tidak melakukan upgrade bukanlah sebuah masalah, namun jika kamu ingin mendapatkan fitur baru, maka tentu melakukan upgrade nanti adalah sebuah pilihan yang bagus juga.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.