Home News Windows 10 Anniversary Update Bikin Jutaan USB Webcam Bermasalah (+Solusinya)

Windows 10 Anniversary Update Bikin Jutaan USB Webcam Bermasalah (+Solusinya)

Windows 10 Anniversary Update Bikin Jutaan USB Webcam Bermasalah (+Solusinya)

Windows 10 Anniversary Update sudah dirilis, dan ada banyak cara bagi kamu untuk menginstallnya. (Baca: 5 Cara Upgrade / Install Windows 10 Anniversary Update, Mana yang Terbaik?)

Meskipun sebagian besar pengguna puas dengan berbagai fitur baru serta peningkatan performa yang dihadirkan (Baca: 7 Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update yang Layak Kamu Coba), tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa pengguna lain ada yang mengalami masalah pasca melakukan upgrade.

Selain masalah freeze yang dialami oleh pengguna SSD multidrive (Baca: Windows 10 Mengalami Freeze Setelah Anniversary Update? Ini Cara Mengatasinya), ternyata muncul laporan masalah lainnya.

 

USB Webcam Bikin Freeze

Laporan terbaru ini menyatakan bahwa setelah upgrade ke Windows 10 Anniversary Update, USB webcam mereka jadi bermasalah dan tidak bisa digunakan lagi.

Masalah ini tidak hanya dialami oleh konsumer, melainkan terjadi juga di kalangan enterprise.

Masalah ini muncul karena di Windows 10 Anniversary Update Microsoft melakukan perubahan signifikan dalam berinteraksi dengan webcam, membuat Windows kini tidak lagi memperbolehkan USB webcam untuk menggunakan stream encoding MJPEG atau H264, dan hanya memperbolehkan stream encoding YUY2 saja.

Jadi sekarang ketika pengguna Windows 10 menggunakan USB Webcam yang menggunakan encoding MJPEG atau H264, device mereka aka langsung mengalami freeze.

Pengguna USB Webcam dari berbagai brand, termasuk juga brand populer seperti Logitech turut mengalaminya.

Permasalahan ini nampaknya tidak terlihat oleh member insider maupun internal testing Microsoft, sehingga baru muncul pasca Anniversary Update Final dirilis.

 

Perbaikan

Saat ini team Microsoft tengah mencari cara terbaik untuk mengatasi bugs USB Webcam ini. Kabar gembiranya, mereka bakal merilis fix sekitar bulan September besok.

Namun demikian ada quick fix yang bisa kamu lakukan jika mengalaminya, itung-itung sembari menunggu fix update yang dirilis oleh Microsoft.

Caranya adalah dengan membuka Registry Editor, kemudian browse ke:

HKLM\SOFTWARE\WOW6432Node\Microsoft\Windows Media Foundation\Platform

Lalu buat DWORD “EnableFrameServerMode” dan isikan 0.

Dengan begitu permasalahan USB webcam yang kamu alami bakal teratasi, at least sampai dirilisnya update bulan September nanti.

via microsoft | fix by rafael rivera

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.