Pengembangan Windows 10 Mobile memang sudah bukan fokus Microsoft lagi, tapi tidak berarti antusiasme terhadap Windows Phone langsung menguap begitu saja. Beberapa hacker masih suka bereksperimen dan bermain-main dengan perangkat Lumia. Beberapa diantaranya adalah Gustave M (pengembang InteropTools) dan Heatchliff74 (pengembang Windows Phone Internals). (Baca juga: Cara Install Paksa Windows 10 Mobile Terbaru di Lumia Lawas yang Tidak Mendukung)

Sebelumnya Heatchliff74 memastikan bahwa Windows Phone Internals versi terbaru memungkinkan kamu untuk install Custom ROM di berbagain seri Lumia, dan kini Gustave M memamerkan bagaimana saat Windows 10 ARM berjalan di Lumia 830.

Meskipun Lumia 830 terlihat bisa menjalankan Windows 10 ARM, tetapi sebenarnya sistem operasi ini tidak berjalan secara fungsional. Driver memang berhasil di-load, tetapi touchscreen tidak bisa digunakan.

Gustave M juga memamerkan bagaimana Windows RT bisa dijalankan di Lumia 830, meskipun sama seperti Windows 10 ARM, touchscreen tidak fungsional. Baik Windows 10 ARM dan Windows RT ini diinstall di Lumia secara manual melalui dism menggunakan mass storage.

Heatchliff74 sendiri memastikan bahwa dia tidak begitu tertarik untuk membuat Custom ROM bagi Lumia, tetapi dia akan terus mengembangkan tool Windows Phone Internals agar bisa digunakan membuat dan flasing Custom ROM di Lumia. (Baca: Psst…Kamu Bisa Install Custom ROM di Lumia!)

Kedepannya hacker ini juga bakal mencoba untuk memporting Project Astoria ke build Windows 10 Mobile terbaru, dan jika berhasil maka pengguna Windows 10 Mobile bisa menjalankan aplikasi Android seperti saat Project Astoria belum dimatikan oleh Microsoft dulu. (Baca: Seperti Inilah Jika Game Android Diinstall dan Dijalankan di Windows Phone (Review))

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.