Windows 10 Build 17666 — Review Fitur Clipboard Historyz (1)

Pada update terbaru Windows 10 dalam ring skip ahead, Microsoft membawa versi sistem ke build 17666. Tidak hanya itu, update ini juga membawa fitur baru yang bernama Cloud Clipboard.

Fitur Cloud Clipboard ini sebenarnya direncanakan akan dirilis bersamaan dengan update mayor “Fall Creators Update”. Dengan alasan yang tidak ketahui, fitur ini tidak dibawa pada update tersebut dan baru muncul pada update build kali ini.

Nama official yang diberikan oleh Microsoft untuk fitur ini adalah Clipboard History. Dengan memanfaatkan teknologi cloud miliki Microsoft yang memungkinkan kamu untuk memasukan konten ke clipboard dan melakukan sinkronisasi ke semua perangkat.

Note : Konten yang dapat dimasukan pada fitur Clipboard History ini adalah hanya berupa gambar dan teks saja. Tidak untuk file.

Sesuai dengan namanya, clipboard dapat menampilkan daftar riwayat konten yang masuk ke clipboard.

Pengaturan Clipboard History ini dapat kamu temukan pada Settings – System – Clipboard.

Windows 10 Build 17666 — Review Fitur Clipboard Historyz (2)

Untuk menggunakannya, kamu dapat mencoba untuk copy terhadap gambar ataupun teks ke clipboard (CTRL + C), lalu kamu dapat menggunakan kombinasi shortcut WinKey + V. Dengan begitu, maka flyout akan muncul yang didalamnya terdapat riwayat clipboard. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pin pada konten tertentu agar lebih mudah untuk menggunakan berulang-ulang.

Windows 10 Build 17666 — Review Fitur Clipboard Historyz (3)

Jadi jika kamu ingin melakukan copy-paste antar perangkat dengan memanfaatkan fitur ini, pastikan perangkat yang digunakan adalah Windows 10 build 17666 atau diatasnya, serta menggunakan akun Microsoft yang sama.

  Stop Kontak Pintar, Sepintar Apa?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.