PWA (Progresive Web Apps) merupakan sebuah web app, namun memiliki prilaku layaknya aplikasi sungguhan. Walaupun masih terbilang cukup baru, PWA ini sudah cukup banyak diterapkan. Bahkan, beberapa aplikasi yang masuk ke Windows Store – Seperti Slack, Trello dan Twitter – mencampurkan PWA dengan Electron dan elemen dari Universal Windows Platform (UWP).

Baca:

Nah, berdasarkan kabar terbaru yang WinPoin terima, dengan dirilisnya Windows 10 April 2018 Update pada akhir April kemarin, Microsoft resmi mengumumkan bahwa mereka bakal mendukung PWA dan nantinya fitur PWA bakal dibuat lebih mirip seperti aplikasi sungguhan (mendukung penggunaan offline, notifikasi, Live Tiles dan lain-lain).

Selain itu, di Redstone 5 (update mayor Windows 10 selanjutnya) Microsoft mengatakan bahwa PWA nantinya bisa kamu unduh langsung via Microsoft Edge!

via Neowin

Berdasarkan informasi yang WinPoin terima dari Neowin, ada 2 cara agar aplikasi PWA bisa hadir di Windows 10 (Microsoft Store), yang pertama adalah developer bisa menghadirkan aplikasi tersebut secara resmi ke Microsoft Store atau Microsoft bisa menambahkannya sendiri (pengguna dapat menambahkan via Edge browser).

Jika demikian, maka ada kemungkinan bahwa aplikasi Google bakal hadir pula ke Microsoft Store. Tapi, hal tersebut sepertinya cukup sulit untuk dicapai. Bukannya tanpa alasan, hingga sekarang ini Google masih enggan untuk menghadirkan aplikasi andalan mereka seperti YouTube, Gmail dan lain-lain ke Microsfot Store. Jadi, mau tidak mau kamu harus menginstall aplikasi Google secara manual via Edge browser.

Sebenarnya, ada satu aplikasi Google yang hadir di Microsoft Store dan itu merupakan sebuah web wrapper (mirip-mirip PWA) hanya saja tanpa penambahan fitur apapun. Aplikasi tersebut persis seperti saat kamu akses via web browser. (Baca: Review Google App — Satu-Satunya Aplikasi Resmi Google di Windows Store)

So, mari kita nantikan saja bersama informasi terbaru lainnya mengenai PWA dan Redstone 5 beberapa waktu ke depan, tentu saja WinPoin akan mengabarkan hal tersebut ke kamu.

via Neowin

  Ada Apa di Apple WWDC 2018..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.