Apakah kamu baru saja mendapatkan update Store kemarin? Ternyata update ini adalah sekaligus Microsoft mengunggah progressive web app ke Microsoft Store. Meskipun belum banyak aplikasi yang mendapatkan versi PWA. Judul yang dapat kita temukan antara lain Skyscanner, Oyster, dan Men’s Wearhouse (dan tentu saja Twitter yang saya tulis beritanya kemarin). Jika kamu masih merasa asing tentang PWA, kamu dapat membaca artikel Winpoin tentang apa itu PWA dan manfaatnya bagi pengguna Windows.

Kumpulan aplikasi PWA ini diterbitkan oleh “Microsoft Store” sebagai developer. Jadi cara yang paling mudah adalah ketikkan salah satu aplikasi, misalnya Skyscanner di Microsoft Store, lalu gulir ke bawah dan temukan bagian Additional Information. Kamu akan melihat bagian Published by yang diisi nama developer: Microsoft Store. Nah, klik nama Microsoft Store tersebut untuk menemukan aplikasi PWA lainnya.

Meskipun demikian, pengguna Windows 10 Mobile jangan dulu bersuka ria. Aplikasi ini tidak akan fungsional sepenuhnya karena kurangnya kemampuan Edge untuk menjadikannya benar-benar progressive web app. Edge mobile tidak memiliki akses service worker yang memungkinkan aplikasi ini mendapatkan notifikasi di action center seperti aplikasi aslinya. Hal ini dikonfirmasi oleh developer Kyle Alden melalui akun Twitternya.

Di sini Kyle mengonfirmasi bahwa aplikasi PWA ini belum akan bekerja sebaik aslinya, terutama di Windows 10 Mobile. Untuk Windows 10, sepertinya tidak ada masalah yang berarti dan kamu bisa mencoba untuk merasakan aplikasi yang lebih hemat resource dan mudah dikelola offline.

 

 

Sumber: MSPoweruser

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.