Saya mendapatkan ide untuk menulis artikel ini karena saya sering meluangkan waktu untuk berlibur ke tempat-tempat yang jauh dari rumah. Pada dasarnya saya selalu berusaha memilih tempat yang memudahkan saya mengakses internet karena pekerjaan saya menuntut harus selalu terkoneksi. Namun karena satu dan lain hal, hotel dan tempat wisata tidak selalu mampu memberikan koneksi internet yang andal. Ada kalanya kita datang saat koneksi internet down atau bahkan ‘janji manis’ penginapan menyediakan WiFi ternyata hanya diwujudkan dalam bentuk koneksi siput yang akan membuat kita menangis haru. Nah, dengan persiapan yang tepat, kita dapat meminimalkan, atau bahkan menghilangkan gangguan semacam itu. Kita harus siap bekerja offline dengan mempersiapkan alat-alat yang tepat!

 

Software untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Sesuai dengan tipe pekerjaanmu, jangan lupa menginstal berbagai software yang dapat kamu gunakan offline. Tanpa memandang bahwa kamu developer, fotografer, atau karyawan akutansi – Saya yakin ada banyak software yang dapat membantu pekerjaan kamu, dan dapat dijalankan secara offline. Untuk penerjemah seperti saya, sebagian besar Computer Assisted Translation Tools yang saya gunakan bekerja offline, misalnya Trados, MemoQ, Worldserver, dan sebagainya. Saya juga melengkapi diri dengan kamus offline untuk membantu pekerjaan saya jika koneksi internet tidak bersahabat.

Office suite juga merupakan software yang wajib diinstal dalam PC atau laptop, karena pemanfaatannya sangat luas di berbagai macam pekerjaan. Bahkan tanpa memandang tipe OS yang kamu gunakan, sudah tersedia perangkat Office baik untuk MacOS maupun Windows, sehingga akan sangat membantu pekerjaanmu!

 

Alat Read-it-Later

Read-it-later adalah tool yang membantu kamu untuk membaca bahan-bahan online yang kamu kumpulkan secara offline. Salah satu alat Read-it-later yang terkenal adalah Pocket. Kamu bisa mendaftar di http://getpocket.com/ untuk mendapatkan akun Pocket yang memungkinkan kamu menyimpan artikel-artikel online secara offline, sedangkan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membacanya nanti adalah Pocket yang bisa kamu download baik untuk Windows 10 atau Windows 10 Mobile, Android, dan iOS. Setelah menyimpan artikel menggunakan aplikasi ini, jangan lupa untuk menyinkronkannya dulu. Aplikasi ini akan mendownload dan menyimpan artikel yang kamu inginkan tadi, sehingga bisa dioperasikan secara offline nantinya.

Dengan alat ini, maka kamu bisa mengumpulkan bahan-bahan online, lalu menyimpan dan mengaksesnya secara offline jika dibutuhkan. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi saya yang memerlukan banyak sumber dalam menulis artikel di Winpoin, dan kemudian saya gunakan nanti saat dibutuhkan.

 

Klien Email

Jika kamu adalah pengguna setia Gmail, maka kamu bisa mengunduh Gmail offline agar nantinya kamu masih bisa mengelola email kamu meskipun sedang tidak mendapatkan koneksi internet yang bagus. Saat mengirim email, nantinya email kamu akan terkirim ketika kamu sudah mendapatkan koneksi yang cocok.

Outlook yang memiliki aplikasi baik untuk Windows (masuk dalam Office Suite), MacOS, iOS, maupun Android, juga akan sangat membantu kepentingan pengelolaan email kamu.

 

Catatan Offline

7 Tips OneNote

OneNote merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu kamu mencatat secara offline. Untuk menggunakan OneNote secara ahli, kamu bisa membaca tips dari Winpoin untuk menggunakan OneNote bagai seorang Pro.

Jika kamu adalah pengguna MacOS, terdapat aplikasi Note bawaan yang dapat digunakan offline, dan akan sinkron dengan perangkat yang lain jika sudah mendapatkan koneksi internet.

 

Screen Capture

3 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows

Screen Capture merupakan alat esensial yang penting, karena dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, kamu terkadang bakal sering mengambil screenshot tampilan software kamu untuk dikonsultasikan dengan sesama teman saat kamu menemui kesulitan. Karena kamu bekerja offline, maka kemungkinan kamu tidak bisa langsung memberitahukan kepada komunitas kamu tentang kesulitan yang kamu alami. Dalam hal ini, kamu bisa mengumpulkan screen capture terlebih dahulu untuk kemudian dicari pemecahannya. Kamu bisa membaca artikel Winpoin tentang 3 cara screenshot di laptop dan PC Windows untuk mendapatkan wawasan tentang berbagai cara mendapatkan screen capture.

 

Project Management

Perkenalkan Microsoft To-Do: Aplikasi To-Do List Baru Pengganti Wunderlist

Kita terkadang tidak selalu bekerja seorang diri. Oleh karena itu penting untuk melengkapi laptop atau PC dengan software task management dan to-do list yang dapat dibuka offline. OneNote pada dasarnya juga memenuhi kebutuhan ini. Namun jika kamu adalah fans software project management tertentu, kamu juga bisa memanfaatkannya.

Microsoft To-Do juga salah satu to-do list andal yang dapat digunakan offline, dan kemudian akan sinkron jika kamu mendapatkan koneksi internet.

 

Playlist Lagu yang Tersimpan di HDD

Bekerja tanpa musik tidak menyenangkan bagi banyak orang. Oleh karena itu, siapkan selalu musik offline di perangkat untuk menghibur kamu selama bekerja. Jika kamu pengguna laptop atau PC, memiliki koleksi mp3 atau FLAC merupakan hal yang mendukung pekerjaan kamu secara offline.

Bagaimana dengan layanan streaming premium?

Dari percobaan yang saya lakukan, sayangnya kita tetap perlu koneksi internet jika kamu berlangganan Apple Music dan sudah download lagu-lagu dari iTunes untuk Windows. Lagu tersebut tidak bisa diputar dengan alasan “you need to sign in to Apple Music”. Ini tidak berlaku jika kamu menjalankan Apple Music di iPhone dan Macbook (tentu saja dalam MacOS, bukan Windows). Dalam Airplane Mode, Apple Music tetap bisa diputar (selama kamu sudah download lagu-lagu kesayangan kamu).

Sedangkan untuk Spotify, meskipun kamu memutar playlist di aplikasi Spotify for Windows tanpa koneksi internet, kamu akan tetap dapat menikmatinya. Ini salah satu keunggulan menggunakan layanan premium Spotify!


Nah, itulah berbagai tools dan software yang perlu kamu siapkan untuk bekerja secara offline. Ada ide lain? Sumbangkan wawasan kamu di kolom komentar!

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.