Home News Windows 10 Mobile Ternyata Aman dari KRACK

Windows 10 Mobile Ternyata Aman dari KRACK

Barusan Winpoin menurunkan laporan tentang KRACK dan cara mengatasinya. Sebagai pengguna Windows 10 Mobile, mungkin banyak di antara teman-teman yang bertanya-tanya seberapa jauh perangkat ini bisa bertahan menghadapi varian serangan terbaru yang sedang booming di seluruh dunia ini. Jawabannya: Windows 10 Mobile aman dari KRACK, khususnya jika kamu sudah mengunduh Patch Tuesday terkini yang berisi pembaruan keamanan.

Kutipan dari Microsoft menyatakan sebagai berikut:

Sebuah kerentanan dengan sistem spoofing terjadi dalam implementasi Windows terhadap jaringan wireless. Penyerang yang berhasil mengeksploit kerentanan ini kemungkinan dapat memutar ulang penyiaran dan/atau melakukan multicast lalu lintas jaringan ke host di jaringan wireless yang dilindungi WPA atau WPA 2.

Beberapa syarat harus terpenuhi bagi penyerang untuk mengeksploit kerentanan tersebut – penyerang harus secara fisik berada di sekitar pengguna yang ditargetkan, dan komputer pengguna akan harus diaktifkan jaringan wireless miliknya. Penyerang kemudian bertindak sebagai man-in-the-middle (MitM) untuk menyela lalu lintas antara komputer target dan poin akses wireless tersebut

Pembaruan keamanan telah memperbaiki kerentanan ini dengan mengubah bagaimana Windows memverifikasi hubungan wireless group key.

Dengan kata lain, perangkat Windows 10 Mobile kamu ‘kebal’ terhadap serangan KRACK ini. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mungkin ini salah satu hal yang cukup menyenangkan jika kita menggunakan perangkat Windows 10 Mobile: Keamanan yang terjamin!

Ini terasa semakin melegakan karena ponsel dan tablet Android sejauh ini dinyatakan sebagai perangkat yang paling rentan terkena serangan ini, karena sebagian besar perangkat Android lamban mendapatkan pembaruan keamanan yang memungkinkan penggunanya dieksploit oleh sistem ini.

Sedikit hiburan bagi kamu yang masih memilih menggunakan Windows 10 Mobile meskipun Microsoft memutuskan untuk tidak lagi memperpanjang dukungan terhadap OS yang sebenarnya tercatat sebagai ekosistem ketiga terbesar di antara seluruh OS mobile yang digunakan di dunia.

via All About Windows Phone

  Cara Mematikan Update Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta