Home Editorial Windows 10 Tidak Bisa Berjalan Maksimal Tanpa Internet

Windows 10 Tidak Bisa Berjalan Maksimal Tanpa Internet

Windows 10 Tidak Bisa Berjalan Maksimal Tanpa Internet

Windows 10 hadir dengan segala kecanggihan dan fitur modern yang sangat up to date. Tetapi untuk sistem operasi yang dikembangkan di era cloud, ditambah dengan visi Microsoft yang “mobile first, cloud first”, tidak heran jika semua fiturnya fokus di mobilitas dan konektivitas cloud.

Hal tersebut mutlak menjadikan Windows 10 harus terhubung dengan koneksi internet agar bisa berjalan maksimal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi jika Windows 10 tidak terkoneksi dengan internet:

 

Tidak Mendapat Update

Tanpa Internet Windows 10 Tidak Bisa Berjalan Maksimal

Berbeda dengan Windows versi terdahulu yang dilengkapi dengan Service Pack (update yang dirilis secara bersamaan dalam jangka waktu tertentu), serta update bulanan rutin melalui Patch Tuesday, update Windows 10 menggunakan sistem push update. Artinya update langsung dirilis begitu update tersebut tersedia.

Hal ini membuat Windows 10 bakal terupdate sewaktu-waktu tanpa terjadwal, dan siapapun yang tidak terhubung ke internet secara rutin tidak bisa mendapatkan update ini.

 

Tidak Tersinkronisasi

Background, settings, dan berbagai komponen di Windows 10 bakal tersinkronisasi ke cloud, untuk kemudian disinkronisasikan antar device. Jika Windows 10 tidak terkoneksi internet, maka proses sinkronsisasi antar device ini juga tidak bisa berlangsung.

 

Security Lemah

Windows Defender di Windows 10 dilengkapi dengan cloud protection yang bekerja dengan sangat baik jika terhubung ke internet. Lalu sama seperti update fitur yang diubah menjadi push update, patch Windows 10 juga bakal dirilis begitu patch tersebut tersedia. Patch security bakal dirilis sewaktu-waktu dan hal ini membuat pengguna yang tidak terhubung ke internet tidak mendapatkan tambalan keamanan ini.

 

Tidak Bisa Menggunakan Cortana

Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Preview

Cortana merupakan salah satu fitur andalan di Windows 10, namun tanpa internet smart assistant ini tidak bisa melakukan apapun. Cortana membutuhkan internet untuk memproses perintah dan menjawab pertanyaan kita, dan pengguna yang tidak terhubung ke internet tidak bisa menikmatinya.

 

Tidak Bisa Cloud Backup

Tanpa Internet Windows 10 Tidak Bisa Berjalan Maksimal

Windows 10 dilengkapi dengan cloud backup untuk membackup start layout, password, favorites, dan aplikasi ke OneDrive. Pengguna yang tidak terhubung ke internet tidak bisa menggunakan fitur ini.

Pengguna yang tidak terhubung ke internet hanya bisa melakukan local backup ke media penyimpanan lokal seperti hardisk, flashdisk, dsb.

 

Tidak Bisa Downlaod dari Windows Store

Tanpa Internet Windows 10 Tidak Bisa Berjalan Maksimal

Di Windows 10 Microsoft semakin fokus ke Modern Apps dengan menghadirkan Universal Apps. Bahkan kabarnya developer aplikasi desktop juga bisa mempublish aplikasi mereka ke Windows Store. Untuk itu nantinya Windows Store bakal menjadi pusat download aplikasi Windows 10.

Selain tidak bisa mendownload aplikasi, pengguna yang tidak terhubung dengan internet juga tidak bisa mendapatkan update ketika update aplikasi tersebut dirilis.

 

Setidaknya itulah 6 hal yang tidak bisa dilakukan oleh Windows 10 dan tidak bisa dinikmati pengguna Windows 10 jika tidak terhubung dengan internet.

Untuk itu jika ingin Windows 10 kamu berjalan maksimal dan semua fiturnya bisa termanfaatkan, pastikan PC kamu selalu terhubung dengan koneksi internet.

Tanpa Internet Windows 10 Tidak Bisa Berjalan Maksimal

 

Siapkah Berlangganan Internet?

Sudah siapkah kamu berlangganan internet jika menggunakan Windows 10 nanti?

  Peringkat Kecepatan Internet 4G Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.